Mari Mengenal Tekstur Rambut

PILIHAN


Bagaimana Mengenal Tekstur rambut

Dengan tekstur rambut dimaksudkan sifat-sifat yang dapat ditentukan dengan pengelihatan, perabaan dan pemegangan.

Pengertian ini meliputi sifat-sifat rambut sebagai berikut:
-          Kelebatan rambut (densitas): ditentukan secara praktis dengan melihat banyaknya batang rambut yang terdapat pada satu kelompok rambut, luasnya kulit kepala diantara kelompok-kelompok rambut. Kelebatan rambut adalah rata-rata sembilanpuluh helai (rambut kasar) sampai seratus tiga puluh helai (rambut halus) setiap setimeter persegi. Banyaknya rambut yang tumbuh di kulit kepala seluruhnya berkisar antara delapanpuluh ribu helai sampai seratus duapuluh ribu helai, tergantung pada kasar-halusnya rambut. Lebatnya rambut kepala berbeda-beda di berbagai daerah kepala: dipuncak kepala dan di pelipis rambut tidak tumbuh selebat dibelakang kepala.
-          Tebal halusnya rambut: tebal-halusnya rambut ditentukan oleh banyaknya zat tanduk dalam kulit rambut. Pada umunya rambut yang berwarna hitam dan coklat lebih tebal dari pada rambut merah atau ramut pirang. Rambut dipelipis lebih halus dari pada di daerah lain.
-          Kasar-licinya permukaan rambut: sifat rambut ini ditentukan dengan perabaan. Permukaan rambut lebih kasar, jika sisik-sisik cuticula tidak teratur rapat satu dengan yang lain. Juga kototran yang menepel pada permukaan rambut atau selainan rambut berupa simpul akan memberi kesan kasar pada perabaan permukaan rambut.
-          Kekuatan rambut: sifat ini tergantung pada banyaknya dan kualitas zat tanduk dalam rambut. Kekutan rambut ditentukan dengan meregangkan rambut sampai putus. Daya yang diperlukan untuk memutuskan rambut adalah sebanding dengan kekuatan rambut.
-          Daya serap (porositas) rambut: banyaknya cairan yang dapat diserap oleh rambut tergantung pada 1. keadan cuticula rambut dan 2. kualitas keratin di dalam cortex rambut. Selaput rambut yang sisik-sisiknya terbula dan zat tanduk yang keadaannya kurang baik (misalnya sebagai akibat senyawa-senyawa yang terlampau  lindi atau sebagai akibat suhu tinggi) akan meningkatkan daya serap rambut. Rambut di puncak kepala memiliki daya serap terbaik.
-          Daya bingkas (elastisitas) rambut: elastisistas rambut berhubungan dengan susunan molekul keratin yang teratur secara terlipat-lipat memanjang di dalam cortex rambut dan dapat ditarik menjadi lurus tanpa rambut putus. Kemunduran kualitas keratin berakibat kemunduran elastisitas rambut. Dikatakan bahwa normal daya ingkas rambut dapat mencapai empatpuluh persen dari panjang asli rambut, namun pada rambut basah, terutama rambut basah yang dihangatkan, daya bingkasnya dapat melampaui angka tersebut.
Klik
Mari Mengenal Tekstur Rambut | puramuzo | 5

3 komentar:

Indonesia Ku mengatakan...

wah pengetahuan nih gan..walaupun aku pria ga salah kan kalo membaca ini..trimakasih gan..salam..

sekedar wawasan mengatakan...

waduh...gagal pertamax....



mengenal tekstur rambut nih biar lebih akrab...kalau saja nggak mengenal ya nnggak mantap...


rajin merawat rambut aja biar tekstur rambut tetap bagus tidak berubah...

kalo rambut bagus tp tidak pernah dirawat ya bakal aneh teksturnya....bisa berubah kasar, kaku, atau bahkan krebo...wkwkwkw

puramoz mengatakan...

indonesia : iya gan,, ilmu ini untuk siapa saja..

SW : yang penting page one gan... bener banget tuh gan,..