Benron Taikai 2012 Tingkat Provinsi

PILIHAN
Sabtu, 5 Mei 2012, Japan Foundation bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) Jawa Timur menyelenggarakan “Benron Taikai” atau Lomba Pidato Berbahasa Jepang ke-33, tingkat Provinsi. Acara ini diikuti oleh 14 peserta yang tersebar dari berbagai universitas di Jawa Timur, bertempat di Gedung Graha Wiyata Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Sebagian besar diantara para peserta merupakan perwakilan dari beberapa universitas di Surabaya seperti UNESA, Unitomo, dan lainnya. Namun selain itu juga terdapat peserta yang berasal dari luar Surabaya, salah satunya Universitas Brawijaya (UB). Program Studi Sastra Jepang UB mewakilkan dua mahasiswa, yaitu Muchlis Arifin dan Bernike Josephine.

            Acara lomba tersebut resmi dibuka pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan pemukulan gong oleh Konsul Jenderal Jepang Bpk. Noboru Nomura, dan Bpk. Sherman Salim sebagai Ketua PERSADA Jawa Timur. Lomba tahunan ini mendatangkan 5 orang dewan juri dan 1 orang yang bertugas memberi pertanyaan kepada peserta, yang berasal dari berbagai lembaga yaitu PERSADA Jawa Timur, Japan Club Jawa Timur, Sekolah Jepang Surabaya dan Konjen Jepang Surabaya. Sebelum lomba dimulai,*seluruh peserta mendengarkan peraturan terlebih dahulu. Pukul 09.30 WIB, peserta telah diperbolehkan untuk menunjukkan kemampuannya di depan juri, sesuai dengan nomor urut yang diberikan. Sebagian besar dari peserta telah mempersiapkan materi dengan matang, terbukti dari judul-judul pidato unik yang mereka bawakan saat itu. Adapun tema dari pidato adalah けいけん (pengalaman pribadi). Para peserta mempresentasikan berbagai pengalaman mereka dalam bahasa Jepang. Ada yang bercerita tentang hal yang memalukan, hal yang memotivasi, cerita lucu, dan lain-lain. Setelah berpidato mereka diharuskan menjawab pertanyaan dari juri seputar pidato.
           
            Lomba berakhir pukul 11.45, selanjutnya para juri disediakan waktu 30 menit untuk berdiskusi. Pukul 12.15 para juara diumumkan langsung oleh Bpk. Sherman Salim. Juara 2 dan 3 diberikan kepada Fadhilah Nur Azizah dengan judul pidato自分からはじめよう (Awali dari Diri Sendiri) dan Ratu Addina Yumina dengan judul サイバーいじめ (Cyber Bullying). Keduanya adalah mahasiswi dari salah satu universitas di Surabaya. Juara bergengsi yaitu juara pertama, diraih oleh Muchlis Arifin dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, dengan judul 毛じらみを取る (Petan Tumo). Ketiga juara dan seluruh peserta mendapatkan sertifikat dan souvenir. Adapun pemenang pertama dan kedua berhak mendapat hadiah tambahan yaitu tiket pulang dan pergi rute Surabaya-Jakarta, guna mengikuti Lomba Pidato tingkat Nasional di Jakarta, bulan Juni mendatang. Para peserta di tingkat ini akan bersaing untuk memperebutkan satu tiket ke Tokyo. [Cin/FIB]
Klik
Benron Taikai 2012 Tingkat Provinsi | puramuzo | 5

0 komentar: