Tips Kunci Sukses Memulai Usaha atau Menjadi Seorang Enterpreneur

PILIHAN
Salah satu kuncisukses dalam memulai usaha atau menjadi seorang enterpreneur adalah orisinalitas inspirasi. Dua faktor utama yang mendorong timbulnya inspirasi adalah insting dan intuisi. Menurut Hendro dan Candra (2006), kedua hal ini tampak sama yaitu naluri atau kepekaan untuk membaca situasi tetapi berasal dari sumber yang berbeda
Insting adalah kepekaan menganalisis suatu kejadian yang pernah dialami seseorang untuk memprediksi kejadian yang akan datang. Intuisi merupakan kepekaan untuk memprediksi hal-hal yang akan terjadi berdasarkan indera ke enam. Keduanya diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. Umumnya insting digunakan untuk menghindar, bertahan atau survive sementara intuisi digunakan untuk melangkah maju dan bertumbuh. Jadi menjadi terinspirasi adalah langkah awal untuk membangun konsep bisnis dan mengambil keputusan untuk memulainya.
Inspirasi diawali dengan pola pikir kreatif yang sangat mengandalkan otak kanan. Selanjutnya otak kiri akan menganalisis semua peluang yang dimiliki untuk mewujudkan inspirasi atau mimpi. inspirasi lekat pada krisis, kesulitan, hambatan, masalah, tantangan, kebutuhan dan cobaan yang tak ada habisnya.
Dalam menjalankan suatu bisnis memang tidak terlepas dalam mengasah apa yang dinamakan soft skill yang mengsinergikan antara kemampuan dan potensi dengan peluang yang akan diraih, dalam kenyataan yang sesungguhnya di lapang berdasarkan apa yang kelompok peroleh ke depan usaha yang akan dijalankan kelompok harus mempertimbangkan beberapa aspek penting yang diataranya adalah :
1)            Perencanaan Produk dengan melihat segmen pasar
Mengawali dengan sebuah perencanaan adalah hal wajib ketika kita akan membuat dan meluncurkan produk di pasar, bagaimana letak dan kedudukan produk kita dengan produk yang lain serta melihat segmen pasar dengan mempertimbangkan kemasan dan harga produk
2)            Pengelolaan Modal
Sudah menjadi gambaran umum bahwasanya modal merupakan faktor utama dalam menjalankan unit bisnis, kesulitan dalam mencarai modal mulai dari pengajuan kredit Bank hingga bunga yang sangat tinggi haruslah dipertimbangkan apakah nantinya sesuai dengan pengembalian pinjaman dengan profit yang akan didapatkan, oleh karena itu haruslah dipertimbangkan yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, solusi yang ditawarkan adalah mencari relasi dengan rekanan yang bersedia menyediakan modal dengan mengelola bisnis bersama dengan sistem sharing profit.
3)            Strategi pemasaran
Dalam memasarkan produk alangkah bijak kalau kita dapat membedakan antara segmen pasar dan kalangan yang akan kita jadikan konsumen sehingga produk tepat sasaran, saat ini sudah banyak sekali startegi pemasaran yang bisa dilakukan mulai dari media cetak, radio, TV, dll. Perlu diperhatikan bahwa dalam meluncurkan produk perdana di pasaran  kita harus mendapatkan afeksi konsumen sehingga akan menjadi ingatan, setelah puas dengan produk yang di konsumsi bukanlah mustahil akan menceritakan ke orang lain mulai dari teman dekat, keluarga, sahabat ataupun yang lain, proses inilah yang dirasa paling efektif dalam menjalankan strategi pemasaran.
4)            Manajemen keuangan
Setelah sukses menjalankan unit bisnis yang dikelola dengan mempertimbangkan proses produksi samapai dengan pemasaran dan biaya – biaya yang ada dengan mendapatkan profit atau laba maka jadikan profit itu sebagai cadangan investasi setelah semua biaya faktor – faktor produksi telah trepenuhi.
5)            Membangun Relasi
Bukan hanya kita hidup di dunia yang selalu membutuhkan bantuan orang lain, akan tetapi dalam dunia bisnis juga tidak terlepas dari semuanya itu, justru selalu membangun relasi dengan pihak – pihak lain adalah suatu kewajiban utama dalam menjalankan unit bisnis, mulai dari perseorangan, antar pengusaha lain hingga lembaga atupun instansi yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Pentingnya dalam membangun relasi adalah ketika perusahan sedang mengalami kesulitan baik dari segi finansial ataupu dari segi yang lain maka relasi yang kita adalah tumpuan terakhir unit bisnis yang dijalankan sehingga kelesuan dalam usaha dapat di kurangi dan menimbulkan gairah lagi bagi perusahaaan dalam menjalankan bisnisnya.
Klik
Tips Kunci Sukses Memulai Usaha atau Menjadi Seorang Enterpreneur | puramuzo | 5

3 komentar:

Ehwansah Jailani mengatakan...

wahhhh terima kasih ya tipsnya.... akan saya terapkan....

arie5758 mengatakan...

Tips ini memang sudah cukup untuk memulai jadi entrepeneur. Sekarang yg terpenting adalah Action.

Ada peluang, segera bertindak. Jika belum ada peluang, sefera ciptakan peluang untuk kita...

Salam sukses :)

nahap.com mengatakan...

wah, saya mempunyai masalah utama yaitu permodalan.
padahal ide lumayan banyak

thanks infonya :)