Cara Mencuci Rambut / Keramas Dengan Benar

PILIHAN
Cara Mencuci Rambut / Keramas Untuk Perawatan Biasa Dengan Benar
Tamu setelah selesai rambutnya disikat dan telah dipersiapkan dengan memakai handuk besar pada bahunya dan ditutupi dengan pentup bahu dari plastik serta terakhir handuk kecil, maksudnya yaitu: seperti telah dijelaskan di halaman muka bahwa pemakaian handuk di bawah plastik adalah untuk mencegah rasa gatal yang dapat timbul akibat sentuhan dengan plastik, maka sebaiknya handuk yang berada di atas plastik ialah bila air jatuh dengan mengenai leher atau terpercik ke wajah tamu maka handuk yang pada bagian luar inilah dapat dengan segera dipakai.
1.      Tamu dipersilakan ke tempat cuci rambut. Liat apakah tamu duduk enak, apakah kuduk leher tepat berada di sebelah dalam dari tempat cuci rambut.
2.      Persediaan air yang akan dipakai. Tentu saja tersedia air dingin, tetapi akan lebih baik tersedia juga air hangat. Karena pemakaian air hangat membantu memepercepat melarutkan lemak dan kotoran pada rambut.
Basahilah rambut hingga rata
3.      Berilah shampoo sepanjang garis rambut bagian muka, kemudian ke bagian belakang kedua belah kuping, bagian belakang dan bagian atas kepala atau ujung kepala sambil tangan kiri mengusap-usap shampoo sampai berbusa.
4.      Gosoklah rambut dengan gerakan memutar atau zig-zag memakai telapak ujung-ujung jari. Tidak boleh digaruk dan pengurutan (massage) hanya diberikan secara ringan.
a.       Gosoklah sepanjang garis rambut bagian muka; tangan kiri mulai dari tengah kepala kearah kuping kiri begitu juga tangan kanan kearah kuping kanan, gerakannya bersamaan.
b.      Pada bagian belakang kuping, tangan kanan menggososk belakang kuping kanan kearah tengah belakang kepala; tangan kiri menggosok belakang kuping kiri kearah tengah belakang kepala.
c.       Angkat sedikit kepala tamu supaya dapat menggososk kuduk leher. Arah menggososknya zig-zag ke atas.
Lakukan gerakan ini ke seluruh kepala dengan rata.
5.      Siramlah dengan air, tangan kiri membantu mejaga supaya air jangan sampai jatuh ke wajah atau masuk ke dalam telinga.
6.      Bila masih terasa kotor, pemberian shampoo dapat diulang sampai tiga kali.
7.      Terakhir ialah pemberian conditioner atau pemberian hair-rinse. Cara pemberiannya hanya dikenakan pada rambut saja dan rata pembagiannya kemudian didiamkan selama lima menit sampai sepuluh menit. Jika pencucian setelah pengecatan rambut, dapat kita berikan sebagi pelemas rambutnya yaitu acid rinse dan perlu didiamkan juga selama lima menit.
8.      Pengurutan diberikan secara ringan saja.
9.      Siramlah kembali dengan air hangat suam-suam kuku hingga betul-betul hilang semua busanya.
10.  Jika sudah bersih keringkanlah dengan handuk dengan cara ditekan-tekan. Dan tutuplah rambut dengan handuk yang kering untuk segera kembali lagi ke tempat semula di muka cermin.
11.  Handuk-handuk yang basah dilipat dan disiram di tempat yang tertutup. Peralatan lainnya dikembalikan ke tempatnya semula.

Peringatan:
Di dalam pengurutan kepala (massage) tidak perlu diberikan, jika hendak mengerjakan: - mengeriting rambut.
-          Mencat rambut/ memberi warna rambut
-          Memudakan warna rambut
-          Atau keadaan kulit kepala yang sangat perasa (sensitive)

Hal tersebut di atas bermasud untuk tidak memberi rangsangan yang lebih kuat.
Klik
Cara Mencuci Rambut / Keramas Dengan Benar | puramuzo | 5

0 komentar: