Macam Macam Jenis Shampoo yang Sering di Pakai

PILIHAN
Macam Macam Jenis Shampoo yang Sering di Pakai
Macam Macam Jenis Shampoo yang Sering di Pakai - Beberapa jenis shampoo yang sering kita kenali :
1.    Eeg-shampoo       :    Pada dewasa ini tidaklah lagi dipakai butir telur untuk mencuci rambut melainkan shampoo dengan proses kimianya di campur dengan protein (zat putih telur). Kegunaanya adalah untuk rambut yang bersifat kering, rontok dan rambut sesudah proses pengecatan.
2.    Cream-shampoo   :    Dipakai bagi rambut yang bersifat normal condong kekering.
                                        Susunannya, banyak dipakai bahan-bahan yang mengandung minyak sehingga rambut sesudah dicuci akan terasa lunak dan mengkilap.
3.    Lemon-shampoo  :    shampoo untuk rambut yang bersifat berminyak haruslah shampoo yang banyak mengandung detergent supaya dapat melarutkan minyak dari kulit kepala dan rambut. Lemon berkhasiat melarutkan minyak, oleh sebab itu lemon-shampoo dipergunakan untuk rambut berminyak. Bagi rambut seperti ini tidak dapat dipegunakan balsam dan protein (zat putih telur) karena bahan tersebut akan tertinggal pada lapisan luar batang rambut (cuticula), sehingga mengakibatkan rambut tetap berminyak. Jadi semua conditioner yang mengandung minyak, wax atau glyserin tidak dapat digunakan bagi rambut yang bersifat berminyak. Satu-satunya conditioner yang dapat menetralkan keadaan rambut tersebut ialah dengan memakai :
a).   Asam jeruk nipis :
Caranya: ambillah sari dari satu jeruk nipis kemudian campurkanlah dengan satu gelas air hangat. Gosokanlah air jeruk itu dengan memakai kapas pada kulit kepala secara rata dan sisanya dapat diguyurkan pada rambut. Diamkan lebih kurang lima menit, kemudian dibilas dengn air dingin.
b).   Conditioner asam citrut (citric acid rinse) :
Tujuan dan kerjanya sama dengan conditioner asam jeruk nipis. Formulanya terdiri dari kristal-kristal citric acid yang dicampur dengan air hangat.
Effek kerjanya:
          Karena kedua conditioner tersebut diatas bersifat mengecilkan pori-pori kulit kepala maka minyak yang berlebihan keluar akan diperkecil, dan hal lain yaitu lapisan cuticula dari rambut akan lebih kencang sehingga rambut setelah kering akan dapat lebih mudah dibentuk.
Perlu diketahui bahwa shampoo yang mengandung sabun dengan mempunyai kadar lemak yang berlebihan (shampoo superadipatus) adalah shampoo yang bebas dari alkali dan paling baik dipakai bagi mereka yang berkulit peka maka sabun yang digunakan untuk shampoo ini biasanya mempergunakan obat-obatan misalnya: lchthyol, Sulfut (belerang), Asam-salicyl dan lain-lain.
4.    Medicated shampoo: baik untuk penderita ketombe
5.    Shampoo yang lebih keras bekerjanya dalam penyembuhan penyakit yang terdapat pada kulit kepala yaitu:
Antiseptic shampoo: biasanya diberikan atas saran dari seorang dokter. Pemakaian kedua shampoo diatas tidak dapat dilakukan sesering mungkin, karena tidak baik pengaruhnnya pada kulit kepala. Sebab pada shampoo tersebut ada kadar obat yang tinggi.
Dua shampoo yang dalam pemakainya hanya bagi mereka yang karena kesehatanya tidak boleh diberi shampoo basah yaitu;
6.    Powder Dry Shampooo: shampoo yang berupa bubuk kering.
Cara mengerjakanya:
a.     Taburkanlah bubuk shampoo kering ini dengan rata keseluruh rambut.
b.    Kemudian sikatlah rambut berkali-kali hingga hilang semua bubuk shampoo tersebut
c.     Jika pada sikat terlihat debu dan kotoran melekat, dapat diusapkan/ dihilangkan pada sehelai handuk yang bersih
d.    Untuk member rasa segar pada kulit kepala, jika diizinkan oleh sipenderita dapat kita berikan hair-tonic atau hair-lotion
7.    Liquid Dry Shampoo: shampoo yang berupa cairan dan yang bersifat mudah terbakar bila dekat dengan api.
Cara mengerjakanya;
a.     tuangkan shampoo ini pada sebuah mangkok porselen (bukan dari logam)
b.    usaplah cairan tersebut dengan kapas dan kenakan pada rambut dengan rata
c.     tekan-tekanlah rambut dengan handuk berlahan-lahan kemudian keringkanlah secepatnya dengan kipas.
Jangan memakai alat pengering rambut (hand-dryer) karena sangat berbahaya dapat mudah terbakar. Sebab bahan pembuat shampoo ini mengandung bensin atau karbonat.
8.    Shampoo Berwarna (Color Shampoo): yaitu shampoo dalam pemakaiannya dapat dengan dua cara, yaitu :
a.     dapat langsung dipakai pada rambut dalam keadaan kiering (tanpa dicuci terlebih dahulu)
b.    dikenakan pada rambut yang baru selesai dicuci( rambut dalam keadaaan lebab/ towel-dry)
Kedua cara tersebut maksudnya yaitu menambah warna pada rambut tersebut. Shampoo ini mengandung ”oil base” yang dicampur dengan perwarna rambut yaitu suatu zat yang bersifat sementara. Jika akan dipakai maka larutan tersebut ditambah 20 bagian hydrogen peroksida (H2O2) menurut ukuran tertentu yang sesuai dengan petunjuk-petunjuk dari produsen.
Setelah selesai pengecatan dan didiamkan selama lebih kurang 25 menit rambut kemudian dapat dicuci dengan air hangat tanpa memakai shampoo lainya.
Pada dewasa ini color shampoo banyak dijual dan dapat langsung dipakai tanpa menambah obat-obat lainya. Tetapi sipemakai tetap harus menjalankan patch-test terlebih dahulu. Color shampoo janganlah ditaruh pada tempat yang mengandung logam.
Klik
Macam Macam Jenis Shampoo yang Sering di Pakai | puramuzo | 5

1 komentar:

Graha Nurdian mengatakan...

Wah ada bermacam - macam jenis shampoo ya :O kalo saya sih pake apa aja seadanya :D