DOKUMENTASI HASIL PENGAMATAN LAPANG & DRAF HASIL WAWANCARA Home industri makanan ringan

PILIHAN
DOKUMENTASI HASIL PENGAMATAN LAPANG & DRAF HASIL WAWANCARA



1.            Motivasinya menjadi entrepreneur ?

Karena dengan menjadi entrepreneur maka seseorang lebih  mudah mencapai ke suksesan (kaya)

2.            Mengapa berbasis agribisnis ?

Karena memiliki lahan yang cukup luas maka lahannya di gunakan untuk budidaya jamur


 3. Deskripsi perusahaan
     Nama Perusahaan dan bidang Usaha
Nama Perusahaan                : BONAFIDE
Bidang usaha                        : Home industri makanan ringan
Nama Pemilik                                   : Diah Aprilia
Sejarah perusahaan             :Perusahaan didirikan pada tahun 2002, yang saat itu belum membuat industri kripik jamur melainkan hanya menjual jamur tiram segar dari hasil budidaya sendiri, karena banyaknya hasil panen sedang kansumsi pasar akan jamur segar sedikit maka pada tahun 2004 mulai membuat keripik jamur hingga sampai saat ini. Dahulu hanya jamur tiram yang dibudidayakan namun sekarang telah melebarkan usahanya dengan budidaya jamur kuping dan juga kripik jamur kuping. Proses panen dilakukan setiap hari sedangkan untuk proses produksi keripik jamurnya dilakukan setiap 2 hari sekali.
Lokasi perusahaan         : Untuk budidaya jamur di daerah Pujon
Untuk pembuatan kripik jamur di Lembah Dieng F1.11 Malang
1.            Deskripsi Produk
Jenis dan karakteristik produk
Jenis                             : Makanan ringan
Karakteristik produk  : Produk olahan jamur kuping dan tiram yang mempunyai rasa original, hal ini dikarenakan konsumen lebih menyukai rasa original sehingga perusahaan tidak membuat inovasi rasa baru. Ukuran produk untuk jamur tiram ada 2 yaitu ukuran kecil 90 gram dengan harga distributor Rp 6.000,- dan ukuran besar 180 gram denagn harga Rp 10.500,- sedangkan untuk jamur kuping hanya ukuran kecil yakni 75 gram dengan harga Rp 6.000,- hal ini dikarenakan olahan kripik jamur kuping masing produk baru, sehingga perusahaan masih dalam tahap parcobaan. Untuk pengemasan menggunakan kardus yang di dalamnya keripiknya telah diplastik yang kedap udara agar kualitas jamur tidak menurun. Keripik jamur bertahan selama 6 bulan.
Atribut produk   :Produksi Bonafide
                                      Berat bersih produk
  Label halal
  Nomor ijin perusahaan yakini P-IRT No. 804350701476
  Komposisi terbuat dari tepung, jamur segar, bumbu dan    telur.
  Tanggal Expired
  Kata-kata untuk menguatkan konsumen dalam memilih produk   yakni “Terbuat dari jamur segar, mengandung protein tinggi non kolesterol, ditanam secara organik, diolah dengan higienis tanpa bahan pengawet.
2.    Rancangan Pemasaran
Karakteristik konsumen: Konsumen yang dibidik berbeda sesuai dengan kemasan,  misalnya Untuk ukuran 180 gram dibuat untuk konsumen kelas menegah ke atas sedangkan untuk ukuran kecil yaitu 90 gram untuk konsumen menengah ke bawah.
Struktur pasar               : Untuk keripik jamur  produksi bonafide ini produk hanya dijual pada toko oleh-oleh seperti di Batu, Malang, Kediri, dll. Perusahaan tidak menyuplai pasar tradisional maupun hipermart. Saat ini pemasaran bukan hanya di Malang, Batu, Kediri, Jombang, namun juga Bogor, Yigyakarta, Bli dan Lombok.
Strategi promosi           : Promosi yang dilakukan selama ini hanya menawarkan produk- produk kepada para toko oleh-oleh namun juga telah membuka blog home industri tetapi untuk saat ini di internet kurang menjual hal ini dibuktikan jika tidak ada respon dari konsumen di internet. Perusahaan juga memberikan diskon atau potongan harga pada toko yang menjual produk banyak.
3.    Managemen dan Organisasi
Bentuk Organisasi    :  Bentuk organisasi belum jelas
Struktur Organisasi   : Home industri Bonafide ini masih belum menggunakan struktur  organisasi yang jelas, hanya saja yang mengelola adalah Bu Diah bersama suaminya dan di bantu dengan 5 karyawan dengan 3 karyawan dalam budidaya jamurnya dan 2 karyawan untuk proses produksinya.
4.    Struktur Modal
Sumber Modal            : Dari Uang sendiri dan pinjaman Bank
Untuk membangun home industri kripik jamur ini pada awalnya bu Diah membutuhkan modal yang tidak sedikit dan ketika itu bunga bank masih tinggi dengan bunga 1,6% pada waktu awal mengajukan pinjaman masih sangat sulit karena masih belum mempunyai nama dengan jaminan kendaraan bermotor akhirnya bank mau memberikan pinjaman, namun untuk saat ini untuk produk UKM dapat dengan mudah meminta pinjaman di bank dengan bunga yang relatif rendah yakni hanya 0,6%.
Analisis Biaya dan
Pendapatan                     : Untuk biaya sendiri bu Diah tidak memberikan gambaran pada kita karena ini merupakan rahasia perusahaan namun untuk pendapatannya sendiri sekitar 25%-30% setiap bulannya, yang penting setiap bulannya dapat menggaji 5 karyawan dengan gaji rata-rata Rp 400.000,- sampai Rp 600.000,- per bulan, besar kecilnya gaji disesuaikan dengan masa kerjanya karyawan.

5.    Keuangan dan rencana pendanaan
Metode penilaian investasi

   : Untuk menilai investasi dilakukan dengan manual yaitu   biasanya   dengan menghitung biaya-biaya dan pedapatan yang dilakukan setiap sebulan sekali.
Klik
DOKUMENTASI HASIL PENGAMATAN LAPANG & DRAF HASIL WAWANCARA Home industri makanan ringan | puramuzo | 5

1 komentar:

jaket kulit mengatakan...

Salam kenal hatur nuhun informasinya sahabat