Susunan Susunan Elemen Rambut Manusia

PILIHAN
Susunan Susunan Elemen Rambut Manusia
Susunan Susunan Elemen Rambut Manusia - Pada rambut dapat dibedakan bagian-bagian berikut:

a. Ujung rambut : lancip pada rambut yang tidak pernah terpotong
b. Batang rambut : bagian rambut yang terdapat diatas permukaan kulit

c. akar rambut : bagian rambut yang tertanam didalam kulit.
Akar rambut tertanam miring didalam kulit, terselubung oleh kandung rambut (folikel rambut). Akar rambut kepala tertanam amat dalam dan dapat mencapai hypodermis, sedangkan bulu roma akarnya hanya sampai dilapisan atas kulit jangat.



Susunan zat tanduk batang rambut dan akar rambut tidak berbeda. Hanya bagian terdalam akar rambut yang melebar, berwarna keputih-putihan dan masih lembek, berbeda dari bagian-bagian lebih atas dan dikenal sebagi umbi rambut.
Sel-selnya mengandung parakeratin, zat pendahulu keratin (zat tanduk). Sel-sel umbi rambut adalah sel-sel tunas, yang terus menerus bertambah banyak. Sel-sel yang baru terbentuk mendorong sel-sel yang lebih tua keatas. Sel-sel rambut yang terdorong ke atas akan mengalami proses pertandukan (keratinisasi). Di samping sel-sel tunas tadi di dalam umbi rambut terdapat pula melanosit yang berguna untuk pembentukan pigmen melanin.
Pada dasar umbi rambut terdapat suatu cekungan. Di dalam cekungan ini terdapat segumpal jaringan penyambung dengan pembuluh-pembuluh darah dan getah bening yang halus, serta serabut-serabut saraf. Bangunan ini terkenal sebagai papil rambut dan berguna untuk pemberian makanan pada umbi rambut dan untuk persarafan kandung rambut. Sekian Susunan Susunan Elemen Rambut Manusia. Terimakasih.
Klik
Susunan Susunan Elemen Rambut Manusia | puramuzo | 5

0 komentar: