Beberapa Jenis Macam Macam Alopecia / Kebotakan

PILIHAN
Beberapa Jenis Macam Macam Alopecia / Kebotakan
Beberapa Jenis Macam Macam Alopecia / Kebotakan - Kerontokkan rambut anagen terjadi karena aktivitas umbi rambut terhenti misalnya karena pengaruh obat-obatan sitostatik yang menghambat reproduksi sel.
Dikenal beberapa jenis alopecia: berikut Beberapa Jenis Macam Macam Alopecia / Kebotakan
a.       Alopecia symtomatica
Pada alopecia symtomatica terjadi kerontokkan rambut secara mendadak dan merata setelah mengalami penyakit sitemik yang disertai demam tinggi, karena penyakit-penyakit menahun, setelah kehamilan, setelah mengalami rekasi alergi yang hebat, setelah mengalami goncangan jiwa, dan pada keadaan gizi yang buruk. Kerontokkan rambut secara berlebihan demikian terjadi karena kerusakan sementara papil rambut. Setelah papil rambut pulih keadaannya, maka pertumbuhan rambut akan menjadi baik.
b.      Alopecia areata
Pada kelainan ini terdapat daerah atau daerah-daerah kulit kepala yang pitak. Daerah yang tidak berambut berbatas jelas, kulitnya tipis, bersih, mengkilat, tanpa ujung patahan rambut. Sebab alopecia areata kadang-kadang jelas, tetapi kadang-kadang tidak diketahui. Ada kalanya kelainan ini sembuh, tetapi dapat juga memburuk, menjadi alopecia totalis. Nama lain untuk alopecia areata adalah pelade.
Dikenal beberapa jenis alopecia areata:
-          Alopecia liminaris atau alopecia marginalis: kegundulan di dahi dibelakang kepala karena tekanan penggulung rambut logam, topi atau helm.
-          Pressure alopecia: kegundulan yang terjadi karena tekanan. Pada bayi terjadi di aderah belakang kepala dan leher karena tekanan bantal pada bagian tersebut.
-          Ophiasis: suatu bentuk alopecia areata yang menjalar secara memanjang dengan melingkar-lingkar seperti ular.
-          Kegundulan menurut pola laki-laki: suatu keadaan yang diturun temurunkan, dan juga dipengaruhi faktor endokrin. Jenis alopecia ini dijumpai pada laki-laki yang berusia lanjut. Kerontokan rambut mulai menjelas umur 30 tahun di dahi dan puncak kepala, sehingga batas rambut lambat laun mundur. Jika ada rambut yang tertinggal biasanya rambut ini halus.
c.       Alopedia totalis atau alopecia universalis atau alopecia areata maligna.
Pada kelainan ini terjadi kerontokan rambut yang menyeluruh, sehingga semua rambut di kulit kepala, wajah dan tubuh hilang.
d.      Alopecia seborrhoica
Terjadi sebagai akibat seborrhoe kulit kepala. Kerontokan rambut terjadi secara menahun dan merata, mulai di daerah pelipis, lalu meliputi dahi dan puncak kepala, sehingga hanya di daerah belakang kepala dan di atas telinga tersisa rambut. Kadang-kadang seluruh kepala menjadi botak, namun ini hanya terjadi pada laki-laki. Pada perempuan alopecia seborrboica tidak berakibat kebotakan, hanya berupa pengurangan lebatnya rambut. Kerontokan rambut pada seborrhoe terjadi karena senyawa-senyawa tertentu (skualen) dalam palit. Senyawa-senyawa ini berkhasiat depilatorik.

e.       Alopecia cicatrizata atau pseudopelade brocq

Ini adalah kelainan yang jarang dijumpai. Folikel-folikel rambut meradang, kemudian menjadi jaringan parut yang tidak berambut lagi.
Klik
Beberapa Jenis Macam Macam Alopecia / Kebotakan | puramuzo | 5

0 komentar: