Tradisi dan Macam Macam Bunuh Diri Di Jepang

PILIHAN

Puramoz Shared - Lagi lagi kali ini saya akan membahas tentang jepang lagi, tetapi kali ini saya akan membahas tentang hal sedikit menyeramkan mungkin. Bunuh diri sudah sangat terjadi di Negeri sakura Jepang, hampir setiap hari ada kasus bunuh diri. hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yang ada di Jepang. Selain karena seperti sudah menjadi Tradisi di Jepang. Faktor bunuh diri yang lain adalah karena stres depresi dan masalah hidup yang lainnya.
Bunuh diri adalah perbuatan menghentikan hidup sendiri yang dilakukan oleh individu itu sendiri atau atas permintaannya. Clinton dalam Mental Health Nursing Practice (1995: 262) menyebutkan : Suatu upaya yang disadari dan bertujuan untuk mengakhiri kehidupan, individu secara sadar dan berhasrat dan berupaya melaksanakan hasratnya untuk mati. Perilaku bunuh diri meliputi isyarat-isyarat, percobaan atau ancaman verbal, yang akan mengakibat kan kematian, luka atau menyakiti diri sendiri.
Menurut Dhurkheim bunuh diri adalah gejala sosial yang kaitannya mencangkup tiga faktor yakni : predisposis psikologi tertentu, faktor keturunan dan kecenderungan menusia untuk meniru orang lain. Durkheim juga menguraikan tiga empat tpe bunuh diri di antaranya :
1. Bunuh diri egoistik : sikap seseorang yang tidak terintegrasi dengan kelompoknya yaitu keluarga, teman- teman, kumpulan agama dan sebagainya
2. Bunuh diri altruistik : terjadi karena sangat kuatnya integrasi dalam kelompoknya. Bunuh diri biasanya disebabkan kepada kecintaan terhadap agama, negara, atau kehormatan keluarga. Contohnya seperti aksi bom bunuh diri atau jihad.
3. Bunuh diri Anomi : terjadi dimana seseorang kekaburan norma. dimana seseorang kehilangan cita- cita, tujuan, dan norma dalam hidupnya. Anomi atau kebingungan yang akhirnya menyebabkan depresi tingkat tinggi.
4. Bunuh diri Fatalistik : terjadi karena seseorang tersebut mengalami keadaan terbelenggu, dan putus asa yang terlalu lama seperti seseorang yang masa depannya sudah tertutup dan nafsu yang tertahan oleh disiplin yang menindas.
Klik
Tradisi dan Macam Macam Bunuh Diri Di Jepang | puramuzo | 5

4 komentar:

BlogS Of Hariyanto mengatakan...

kalo dalam agama Islam bunuh diri itu termasuk perbuatan berdosa kawan :-)

Rahasia Hidup Sehat mengatakan...

Kayaknya semua agama melarang deh perbuatan bunuh diri dan juga bunuh diri merupakan perbuatan dosa, jadi jangan sampai deh punya pikiran pengen bunuh diri hi...

babol only mengatakan...

wah..bunuh diri sudah menjadi tradisi ya? Aneh2 wae..

ikram mengatakan...

ngeri ih. Bunuh dirinya apalagi dibantu sama hantu mulut sobek. Atut...