Setelah menyusun perangkat pembelajaran,
dan terutama meyusun RPP dalam setiap Kompetensi Dasar (KD) penulis pada minggu
pertama melakukan observasi bagaimana cara pembelajaran yang dilakukan oleh
guru pamong, poin-poin penting apa saja yang harus diingat dan di lakukan saat KBM
berlangsung, bagaimana cara menyikapi siswa, baik dalam menjawab pertanyaan
siswa, maupun cara bersikap di kelas.
Dalam melaksanakan kegiatan KKN yang
dilaksanakan dari tanggal 16 Juli 2012 hingga 12 September 2012 ini, penulis
mendapatkan kesempatan melaksanakan empat Kompetensi Dasar yaitu, salam sapaan
dan cara memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain, menyebutkan
identitas diri yang meliputi nama, Negara, pekerjaan baik diri sendiri maupun
orang lain, kalimat perintah, dan memperkenalkan huruf Jepang yang meliputi
sejarah kanji, hiragana, katakana,
dan beberapa huruf hiragana.
Kegiatan KKN yang penulis laksanakan di
SMA Negeri 2 Batu ini bertepatan dengan tahun ajaran baru 2012/2013. Karena
itulah KBM yang dilaksanakan di minggu pertama pelaksanaan KKN ini diawali
dengan proses pengenalan diri sendiri dalam Bahasa Jepang yang diawali dengan perkenalan
dari guru pamong. Hal ini dilaksanakan di setiap kelas sesuai dengan jadwal
mata pelajaran bahasa Jepang.
Setelah guru pamong dan penulis
melakukan perkenalan di hadapan siswa-siswi masing-masing kelas, guru pamong
dan penulis mengajarkan tata cara perkenalan dalam bahasa Jepang kepada
siswa-siswi yang meliputi materi salam sapaan, dan kemudian dilanjutkan dengan
praktek cara mengucapkan, menulis, yang dilanjutkan dengan perkenalan
masing-masing siswa secara berkelompok dan kemudian secara individu di depan
kelas.
Setelah materi memperkenalkan diri di
setiap kelas selesai, materi selanjutnya adalah bagaimana tata cara
memperkenalkan orang lain, dimana cara memperkenalkan tersebut meliputi
informasi mengenai nama, asal negara, pekerjaan dan pola kalimat dalam materi
yang berhubungan dengan cara memperkenalkan orang lain. Kemudian dilanjutkan
dengan materi tata cara mewawancarai orang lain yang meliputi nama, asal, dan
pekerjaa. Setelah itu siswa-siswi tersebut diberi kesempatan untuk
mempraktekkan materi ini di secara individu di depan kelas.
Materi ketiga yang guru pamong dan penulis berikan adalah
kalimat perintah. Dalam menyampaikan
materi kalimat perintah ini, pertama-tama penulis mengucapkan beberapa kalimat
perintah, kemudian meminta siswa untuk mengulangi apa saja yang dapat di
tangkap oleh mereka, yang dilanjutkan pelafalan kembali dari penulis dan
dituliskan di papan tulis yang kemudian direduplikasi oleh siswa di buku
catatan masing-masing. Setelah siswa menyalin materi tersebut di buku catatan
masing-masing, penulis memberikan pertanyaan yang mengenai materi tersebut.
Kemudian di akhir pelajaran, penulis memberikan materi kalimat perintah dalam sebuah
lagu yang terdapat dalam buku sakura. Dimana siswa menjadi sangat antusias
menyanyikan lagu tersebut dengan gerakan yang sesuai dengan kalimat perintah
yang sesuai dengan lagu.
Materi keempat yang guru pamong dan penulis berikan adalah
sejarah huruf jepang yang meliputi huruf kanji,
hiragana, dan katakana. Penulis mendapat kesempatan untuk memberikan materi
keempat ini selama dua kali tatap muka, dimana pertama kali tatap muka tersebut
diisi dengan sejarah huruf kanji, hiragana dan katakana, pengenalan huruf-huruf tersebut, dan kemudian dilanjutkan
dengan huruf hiragana a, i, u, e, o,
ka, ki, ku, ke, dan huruf ko. Dan pertemuan kedua, diisi dengan pemantapan
materi huruf a, i, u, e, o, ka, ki, ku, ke, dan huruf ko dan dilanjutkan dengan
huruf sa,shi,su,se,so.
Pada dasarnya, sebelum memasuki materi baru yang diajarkan,
penulis beserta guru pamong melakukan review
materi sebelumnya. Hal ini bertujuan agar siswa-siswi tetap mengingat materi
yang telah diajarkan sebelumnya.
Di minggu terakhir penulis melaksanakan kegiatan KKN ini,
bertepatan dengan minggu Ulangan Harian I mata pelajaran Bahasa Jepang. Dimana
minggu itu penulis membantu guru pamong mengawasi jalannya ulangan di kelas,
kemudian dilanjutkan dengan meminta kesan, pesan selama penulis melaksanakan
kegiatan KKN dari siswa-siswi.
0 komentar:
Posting Komentar