Cara Penyajian Makanan di Jepang

PILIHAN
·    配膳(はいぜん): Cara Penyajian Makanan Di Jepang
o   Makanan utama
§    ご飯(ごはん): nasi (kadang-kadang dicampur palawija)
§    汁物(しるもの): sup 
§    おかず : lauk (biasanya ada 3 macam)
§    Sehingga sering disebut dengan
一汁三菜(いっしるさんさい)
o   Cara menikmati makan
§    Rasa pada makanan Jepang dicampur sewaktu makanan berada di dalam mulut.
§    Asinan sayur-sayuran yang sangat asin menjadi lebih enak kalau dimakan dengan nasi putih.
§    Bahan makanan tidak diolah secara berlebihan agar makanan masih mempunyai rasa asli dari bahan makanan tersebut.
o   Juru masak dituntut untuk
§    Memiliki keahlian dalam pengolahan bahan makanan.
§    Memiliki berbagai pengetahuan tentang peralatan makan.
§    Mampu memilih suasana yang tepat sewaktu menikmati makanan.
o   Cara menyajikan makanan
§    Nasi diletakkan di sebelah kiri, dan sup miso di sebelah kanan.
§    Ikan yang disajikan utuh: kepalanya menghadap sebelah kiri, dan perutnya menghadap tangan.
§    Sayuran yang dimakan dengan daging, seperti daikon oroshi, diletakkan di depan tangan.
§    Keratan ikan: kulitnya diletakkan di depan tangan, dan dagingnya diletakkan di atas.
o   Peralatan makan
§    Terbuat dari keramik, porselen, atau kayu yang dipernis.
§    Setiap anggota keluarga harus mempunyai mangkuk nasi dan sumpit sendiri yang tidak saling dipertukarkan dengan milik anggota keluarga yang lain. 

By; Nadya sensei
Klik
Cara Penyajian Makanan di Jepang | puramuzo | 5

11 komentar:

Juli suhendri mengatakan...

waduh , bahasanya susah banget ya sob.
hehe..
salam kenal
^^

KangFarhan mengatakan...

ajibbb...jadi tahu cara orang jepang makan nih bang...hehehe

masChandra mengatakan...

ooo...gitu ya cara orang jepang makan...lain dari yg lain ya... jadi tahu nih kebiasaan setiap negara...
sip bang postnya

Ayriy Zone mengatakan...

Wah rada2 ribet juga ya penyajian masakan jepang,,

taufikshiru35 mengatakan...

ribet banget ya cara makan orang jepang, sampe2 sumpit sama mangkok aja ngga boleh ketuker. .

thanks infonya sob :)

zhi cun lee mengatakan...

Hebat yaaah orang jepang selalu bikin makanan luarbiasa....

dhlondhenk mengatakan...

mampir kesini jadi nambah pengetahuan saya tentang masakan jepang...pic nya bikin perut jadi laper...nice share gan..

Search ilmu mengatakan...

Enak ne kayaknya hehe

Wisata Murah mengatakan...

hehe datang langsung ikutan makan ne,, thank suguhannya

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

. . pengen nyoba makan nich. disini ada tempat mencicipin gak?!? he..86x. lagi laper nich . .

lina@happy family mengatakan...

Wawasan baru nih...