A.
Penerimaan langganan :
1.
Penerima tamu atau
receptionist.
Hubungan pertama atau kontak pertama dengan
seorang langganan (klien, tamu) adalah penting sekali.
Hubungan ini dimulai dengan perkenalan antara
langganan dengan seorang penerima tamu
atau receptionist, pemilik salon, manager, pemimpin salon atau assisten (pembantu
penata rambut).
2.
Langganan (klien,tamu)
Langganan merupakan hubungan yang penting
bagi seorang Ahli Kecantikan (penata rambut). Tanpa langganan sebuah salon
tidak ada artinya. Langganan
mengunjungi
sebuah salon untuk mendapat pelayanan yang terjamin, yang mana dapat tercapai dengan suatu pekerjaan yang bermutu dan baik, lingkungan yang menyenangkan, kebersihan dan sopan santun.
sebuah salon untuk mendapat pelayanan yang terjamin, yang mana dapat tercapai dengan suatu pekerjaan yang bermutu dan baik, lingkungan yang menyenangkan, kebersihan dan sopan santun.
3.
Ruang Kecantikan (Salon)
Ruangan di mana tamu diterima harus terpelihara,
bersih, rapih dan menarik.:
a.
Lingkungan harus memberi kesan
yang bagus supaya langganan merasa nyaman.
b.
Kebersihan dipelihara, tidak
saja bagi keperluan langganan tetapi juga bagi yang mengerjakannya.
c.
Perlengkapan sebuah salon harus
mempunyai daya yang menarik; berupa mebel-mebel, alat-alat, hiasan dinding dan
perabotan-perabotan.
d.
Setiap pekerjaan harus
dipersiapkan, dikerjakan dan diselesaikan dengan rapih. Perawatan/ kerapihan
diri sendiri selama bekerja harus tetap terpelihara.
e.
Juga harus memperhatikan
hal-hal umum seperti: air yang bersih dan lancar jalannya, udara yang bersih
dan ventilasi (peredaran udara) yang baik, penerangan yang cukup dan baik serta
pembuangan kotoran. Hal-hal tersebut perlu di perhatikan berhubungan dengan
perawatan yang memerlukan waktu yang lama.
4.
Sikap dalam ruangan kecantikan
(salon).
Bagaimana seorang penata rambut atau
hairdresser menerima dan memperlakukan langganannya (klien, tamu)?
Tidak dibenarkan pada waktu-waktu adanya
kesibukan yang luar biasa dalam sebuah salon, untuk menjalankan pekerjaan
dengan tergesa-gesa, tidak teratur dan tidak baik. Dengan demikian langganan
tidak dirawat dengan sempurna dan akan merasa tidak puas. Kita tidak saja
kehilangan langganan, tetapi juga pekerja-pekerja yang baik akan kehilangan
keahliannya, karena harus bekerja seperti mesin. Suatu pekerjaan yang mantap,
rapih, bermutu dan tanpa tergesa-gesa akan mencapai keahlian dan lingkungan
yang menyenagkan.
- Persiapan:
1.
Persiapan untuk langganan
(klien) tamu:
a.
Tiap tamu atau langganan harus
diperlakukan yang sama, jangan bersikap membeda-bedakan.
b.
Tiap tamu atau langganan harus
diperlakukan dengan penuh perhatian supaya merasa senang dan bahagia.
c.
Perhatikan supaya alat-alat
pelindung seperti cape, handuk dan lain-lain dipergunakan dengan baik, cukup
persediannya, dalam keadaan bersih dan steril.
2.
Persiapan untuk pekerjaan :
a.
Untuk tiap macam pekerjaan
persiapan harus dilakukan sebelum pekerjaan dimulai.
b.
Untuk tiap macam pekerjaan
alat-alat dan bahan harus dalam keadaan lengkap, bersih dan steril.
c.
Alat-alat dan bahan-bahan/
obat-obatan hanya dipergunakan untuk satu orang langganan; sesudah dipakai
dibersihkan dan disterilkan.
0 komentar:
Posting Komentar