PENERIMAAN LANGGANAN ( KLIEN/ TAMU ) dan RUANG KECANTIKAN ( SALON)

PILIHAN


A.    Penerimaan langganan :
1.       Penerima tamu atau receptionist.
Hubungan pertama atau kontak pertama dengan seorang langganan (klien, tamu) adalah penting sekali.    
Hubungan ini dimulai dengan perkenalan antara langganan dengan  seorang penerima tamu atau receptionist, pemilik salon, manager,         pemimpin salon atau assisten (pembantu penata rambut).

2.      Langganan (klien,tamu)
Langganan merupakan hubungan yang penting bagi seorang Ahli Kecantikan (penata rambut). Tanpa langganan sebuah salon tidak ada     artinya. Langganan mengunjungi
sebuah salon untuk mendapat pelayanan yang terjamin, yang mana dapat tercapai dengan suatu pekerjaan yang bermutu dan baik, lingkungan yang menyenangkan, kebersihan dan sopan santun.
3.      Ruang Kecantikan (Salon)
Ruangan di mana tamu diterima harus terpelihara, bersih, rapih dan menarik.:
a.       Lingkungan harus memberi kesan yang bagus supaya langganan merasa nyaman.
b.      Kebersihan dipelihara, tidak saja bagi keperluan langganan tetapi juga bagi yang mengerjakannya.
c.       Perlengkapan sebuah salon harus mempunyai daya yang menarik; berupa mebel-mebel, alat-alat, hiasan dinding dan perabotan-perabotan.
d.      Setiap pekerjaan harus dipersiapkan, dikerjakan dan diselesaikan dengan rapih. Perawatan/ kerapihan diri sendiri selama bekerja harus tetap terpelihara.
e.       Juga harus memperhatikan hal-hal umum seperti: air yang bersih dan lancar jalannya, udara yang bersih dan ventilasi (peredaran udara) yang baik, penerangan yang cukup dan baik serta pembuangan kotoran. Hal-hal tersebut perlu di perhatikan berhubungan dengan perawatan yang memerlukan waktu yang lama.
4.      Sikap dalam ruangan kecantikan (salon).
Bagaimana seorang penata rambut atau hairdresser menerima dan memperlakukan langganannya (klien, tamu)?
Tidak dibenarkan pada waktu-waktu adanya kesibukan yang luar biasa dalam sebuah salon, untuk menjalankan pekerjaan dengan tergesa-gesa, tidak teratur dan tidak baik. Dengan demikian langganan tidak dirawat dengan sempurna dan akan merasa tidak puas. Kita tidak saja kehilangan langganan, tetapi juga pekerja-pekerja yang baik akan kehilangan keahliannya, karena harus bekerja seperti mesin. Suatu pekerjaan yang mantap, rapih, bermutu dan tanpa tergesa-gesa akan mencapai keahlian dan lingkungan yang menyenagkan.

  1. Persiapan:
1.      Persiapan untuk langganan (klien) tamu:
a.       Tiap tamu atau langganan harus diperlakukan yang sama, jangan bersikap membeda-bedakan.
b.      Tiap tamu atau langganan harus diperlakukan dengan penuh perhatian supaya merasa senang dan bahagia.
c.       Perhatikan supaya alat-alat pelindung seperti cape, handuk dan lain-lain dipergunakan dengan baik, cukup persediannya, dalam keadaan bersih dan steril.

2.      Persiapan untuk pekerjaan :
a.       Untuk tiap macam pekerjaan persiapan harus dilakukan sebelum pekerjaan dimulai.
b.      Untuk tiap macam pekerjaan alat-alat dan bahan harus dalam keadaan lengkap, bersih dan steril.
c.       Alat-alat dan bahan-bahan/ obat-obatan hanya dipergunakan untuk satu orang langganan; sesudah dipakai dibersihkan dan disterilkan.
Klik
PENERIMAAN LANGGANAN ( KLIEN/ TAMU ) dan RUANG KECANTIKAN ( SALON) | puramuzo | 5

0 komentar: