Jenis Kata Bentuk Dasar Reduplikasi Jepang

PILIHAN
Jenis Kata Bentuk Dasar Reduplikasi Jepang
Jenis Kata Bentuk Dasar Morfologi Jepang Menurut AE. Backhouse ( tanpa tahun : 85 ) serta diperkuat oleh pendapat Vaccari ( 1980 : 534 ) dan Nishio ( 1990 : 499 – 501) menyatakan bahwa reduplikasi dapat terjadi pada Kata Benda ( KB ) ;Hito人 menjadi hito-bito 人々, kuni 国 menjadi kuni-guni 国々, yama menjadi yama-yama 山々; Kata Sifat ( KS ) : nagai 長い menjadi naga-naga 長々, hayai menjadi haya-baya 早々dan kata kerja ( KK ): ari-ari ありあり ( dari aru ある), kaesu-kaesu 返す返す (dari kaesu返す).

Constantin memberikan pendapat sedikit berbeda bahwa reduplikasi dapat terjadi pada Kata Benda (KB), Kata Sifat (KS) dan Kata Keterangan ( 1992 : 166 ). Sementara itu pada Muraki dalam buku NIHONGO Dooshi no Shohou dan didukung pendapat Mc. Clain menyatakan bahwa reduplikasi pada Kata Kerja seperti kawaru 変わる menjadi kawaru-gawaru 変わる変わる, naku 泣く menjadi naku-naku泣く泣く, tobi 
飛び menjadi tobi-tobi飛び飛び dan kata sifat pada bentuk takai高い menjadi taka-taka高々, karui軽い menjadi karu-garu 軽々 yang juga dapat menjadi kata keterangan (adverb).

Reduplikasi lazim ditemui pada kata tirun bunyi atau onomatope, dimana tidak pernah dikenai oleh perubahan bunyi dakuon 濁音 atau rendaku連濁 misalnya: tira-tira bukan tira-zira, hiri-hiri bukan hiri-biri. (backhouse, tanpa tahun : 85)

Pendapat backhouse tersebut diperkuat dengan Ogawa bahwa reduplikasi banyak ditemui pada Kata Benda dan giongo 擬音語 (tiruan bunyi) serta gitaigo擬態語 (tiruan tindakan).

Sesuai uraian di atas, penulis mengacu pada gabungan pendapat Costantin, Mc. Clain dan Vaccari bahwa jenis kata yang dapat mengalami reduplikasi adalah:

1. Kata Benda
2. Kata Sifat
3. Kata Keterangan
4. Kata Kerja

Demikian Jenis Kata Bentuk Dasar Reduplikasi Jepang. Terimakasih.
Klik
Jenis Kata Bentuk Dasar Reduplikasi Jepang | puramuzo | 5

0 komentar: