Tata Cara Mencuci dan Merawat Rambut

PILIHAN
Mencuci rambut adalah suatu permulaan kerja yang sangat penting untuk sesuatu perawatan rambut.
Mencuci rambut seorang langganan dengan bersih berarti member rasa puas pada langganan tersebut dan juga bagi yang mengerjakan, menerima kepercayaan kerja yang baik.
Seorang Ahli Kecantikan Rambut, janganlah meremehkan dalam soal penyediaan shampoo yang bermutu. Karena masalah ini merupakan suatu kewajiban sosial baginya untuk memberikan pelayanaan kepada masyarakat umum dengan sebaik-baiknya. Profesi yang dilakukan dengan cara demikian, akan memberikan nama baik salon dan pribadinya sendiri; serta akan menjamin hubungan yang baik antara salon dengan para langganannya. Maka sebaiknya pilihlah shampoo yang bermutu.
Shampoo pada umumnya bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, pada khususnya untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut serta untuk mencapai hasil yang baik dalam perawatan berikutnya.
Shampoo mempunyai akibat yang baik yaitu menghilangkan segala kotoran debu yang bercampur dengan minyak yang keluar dari permukaan kulit kepala serta melarutkan kosmetik-kosmetik yang telah lama melekat pada rambut. Shampoo juga dapat berakibat buruk yiatu bila shampoo dibuat dengan kadar alkali yang tinggi, ini lebih baik jangan dipakai karena rambut akan menjadi poreus, kering dan mudah putus-putus.
Saran :
Hendaknya rambut dan kulit kepala dicuci dengan teratur, karena minyak yang keluar dari permukaan kulit kepala dan keringat bercampur dengan kotoran-kotoran yang dapat memberi kemungkinan-kemungkinan bertumbuhnya penyakit kulit kepala (antara lain rasa gatal, ketombe, fungus).
Hal ini dapat juga merusak kulit kepala.
Rambut dapat dicuci sesering mungkin tergantung dari keadaanya rambut (cepat tidaknya menjadi kotor). Biasanya rambut yang berminyak dapat lebih sering dicuci daripada rambut yang normal atau rambut yang kering, karena rambut berminyak cepat menjadi lengket, kotor dan berbau.

Persedian Air
Syarat pokok pada sebuah salon antara lain juga persedian air yang cukup dan bersih.
Diketahui bahwa air terdiri dari “zat hydrogen dan oxygen (H2O2). Seorang ahli kecantikan harus mengetahui jenis air yang terdapat di lingkungannya, apakah air itu bersifat lunak atau keras. Air yang bersifat lunak mempunyai kadar mineral yang sangat sedikit dan merupakan air yang murni. Air inilah yang paling baik sebagai bahan pencuci rambut, misalnya air hujan.
Air yang bersifat keras, mempunyai kadar mineral tertentu dan tidak mau bercampur dengan shampoo. Tergantung dari macam apa air yang keras itu tersedia di lingkungan anda, itu dapat diperlunak. Mintalah air itu dianalisa oleh seorang Laborant (Ahli Laboratorium), apakah air itu perlu disuling atau tidak supaya dapat digunakan dalam mencuci rambut.
Air ledeng, selama masih tidak ada lumpur dan mengandung kadar kaporit yang tinggi air ini dapat dipakai juga.
1.    Mempersiapkan Peralatan Cuci Rambut di dekat tempat cuci rambut antara lain yaitu :
-          tiga macam shampoo, untuk tiga jenis rambut
-          pelemas rambut (conditioner dan hair-rinse)
-          handuk besar dan handuk kecil
-          sikap plastik dan sisir besar
-          penutup bahu dari plastik (cape)
-          gayung dan ember
-          alat penyempret air (shower)
            Alat-alat diatas tidak disediakan jauh sebelum tamu/ langganan datang. Karena tidaklah  sopan bila seorang tamu yang sudah dalam keadaan rambutnya basah, tiba-tiba ditinggalkan hanya untuk mengambil handuk atau peralatan lainya.
2.    Jika tamu datang, tanyakanlah dengan sopan santun perawatan apa yang dikehendaki sambil mempersilahkan duduk di muka cermin.
3.    Setelah diketahui keinginanya perawatan apa ada rambut perlu dicuci dahulu, pakailah pada bahunya handuk berar kemudian penutup bahu dari plastik dan terakhir handuk kecil. Penutup bahu dari plastik janganlah melekat pada lengan yang terbuka.
Pemakaian handuk besar sebelum penutup bahu dari plastik dikenakan dimaksudkan untuk menghindarkan rasa gatal bagi seseorang yang tidak tahan kena plastik, rambut tersebut akan berdiri dan karena geseran-geseran dengan plastik maka akan terasa gatal. Juga dapat terjadi bila seseorang banyak mengeluarkan keringat dan tertutup oleh plastik maka penguapan tidak terjadi dengan baik, hal ini dapat juga menimbulkan rasa gatal (alergis).
4.    Sebelum bekerja sebaiknya cucilah tangan dahulu dengan sabun.
5.    Ambillah jepit-jepit rambut yang masih  melekat pada rambut tamu.
6.    Mintalah dengan hormat pada tamu, perhiasan telinga yang masih dipakai untuk dibuka dan disimpanya sendiri. Maksudnya agar jangan sampai kena shampoo atau rusak jika jatuh kena tangan waktu sedang bekerja.
7.    Sementara ini perhatikan betul-betul keadaan kulit kepala, jenis dan sifat rambut tersebut.
8.    Kemudian kita mulai menyikat rambut untuk menghilangkan kusut-kusut rambut.
Klik
Tata Cara Mencuci dan Merawat Rambut | puramuzo | 5

9 komentar:

sekedar wawasan mengatakan...

hajarrr pertamaxxx gan....


wah ada tata caranya juga ternyata...kalo mencucu rambut di kamar mandi sih langsung hajar pake sampo...bilas..siram...ya uda selesai

Eka mengatakan...

info yg sangat bermanfaat sobat :)

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

. . bagus banget nich tips nya. cz rambut aq panjang nich. jadi rada bingunk juga untuk merawatnya. oia ada gak tips agar rabut gak rontok gitu?!? cz kebetulan aq juga pake jilbab ne. jadi rada susah gitu tuk merawatnya. huhh . .

puramoz mengatakan...

eka : terimakasih sob,

Vpie : wah,, tepat nih sob,,bisa diaplikasikan.

puramoz mengatakan...

wah,, pertamax di amankan terus gan,,

loveheaven07 mengatakan...

hmmm memanglah cuci rambut pun ada aturannya juga, makasih infonya ya :D

Fokus Kita mengatakan...

gitu toh.. baru tau saya sob
selama ini saya masih standart aja caranya hehehe

salam kena ya sobat :)

Iklan Internet Murah Efektif Berkualitas Indonesia mengatakan...

bos mau tanya klo agar rambut gak rontok gimana ya?
sekalian jalan2 juga di blog ane bos, thank's...

Lusia Yotista mengatakan...

wah lengkap banget sob.. klo ak sih kramas gak pake tata caara sgl sob shampoo taruh rambut gosok bilas udah deh.. haha btw nice tips sob :D