Bagian Bagian Kulit dan Manfaatnya

PILIHAN

Kulit terdiri atas tiga lapisan, masing- masing dari luar kedalam:
I.    Kulit ari (Epidermis)
II.   Kulit jangat (Dermis, Cutis, atau Cerium)
III.       Jaringan penyambung di bawah kulit (Tela subcutanea, hypodermis atau Subcutis)

    Kulit ari adalah
Pada epidermis dapat dibedakan lima lapisan, yakni dari luar ke dalam:

a.    lapisan tanduk (stratum corneum) di bentuk oleh sel-sel tanduk yang tidak berinti lagi, merupakan lapisan yang sudah mati; paling tebal di telapak tangan dan telapak kaki.
b.   lapisan bening (stratum lucidum) paling tebal di telapak tangan dan telapak kaki.
c.    lapisan butir (stratum granulosum) tediri atas sel-sel berbentuk kumparan yang mengandung butir-butir didalam protoplasmanya.
d.   lapisan taju (stratum spinosum) terdiri atas sel-sel yang saling berhubungan dengan perantaraan jembatan-jembatan protoplasma. Jika sel-sel lapisan ini saling berlepasan, maka seakan-akan selnya bertaju.
e.    lapisan tunas (stratum germinativum, stratum basale) di dalam lapisan ini sel-sel epidermis bertambah banyak melalui mitosis dan sel-sel tadi bergeser ke lapisan-lapisan lebih atas, akhirnya menjadi sel-sel tanduk. Di dalam lapisan tunas terdapat pula sel-sel bening (clear cells, melanoblas atau melanosit), pembuat pigmen kulit melanin.

 Kulit jangat adalah
Kulit jangat berupa jaringan penyambung/ jaringan ikat dan berisi pembuluh-pembuluh darah dan getah bening, ujung-ujung saraf perasa, kelenjar-kelenjar keringat, kelenjar-kelenjar palit, kandung rambut dengan akar rambut dan otot penegak rambut (musculus arrectorpili)

.       Jaringan penyambung di bawah kulit
Lapisan ini terutama mengandung jaringan lemak sebagai bahan cadangan, juga pembuluh-pembuluh darah dan getah bening, saraf-sarf yang semuanya berjalan sejajar dengan permukaan kulit. Cabang-cabang dari pembuluh- pembuluh dan saraf- saraf menuju ke lapisan kulit jangat.


1.      Melindungi tubuh terhadap pengaruh-pengaruh dari luar
2.      Mengatur suhu tubuh
3.      Sebagai alat perasa untuk sakit panas, dingin, tekanan, rabaan, dan getaran
4.      Mengeluarkan zat-zat tertentu: garam dapur, timah, ureum, yodium dan bromium dapat dikeluarkan melalui keringat
5.      Menyerap zat-zat tertentu : terutama zat-zat yang larut dalam lemak
6.      Membuat vitamin d dari provitamin d di bawah pengaruh sinar ultraviolet matahari
7.      Menyerap berbagai gas, antaranya oksigen

Lapisan asam ( acid, mantle atau acid barrier )
            Pada permukaan lapisan tanduk terdapat suatu lapisan pertahanan yang sifatnya asam lemah dan di kenal sebagai lapisan asam. Derajat asam (pH) lapisan ini berkisar antara lima-enam dan karenanya dapat menghambat pertumbuhan kuman-kuman, jamur dan ragi di permukaan kulit. Lapisan ini merupakan campuran keingat (mengandung garam dapur, asam laktat, ureum, amoniak) palit (mengandung asam-asam lemak) dan sel-sel tanduk yang terkelupas.

Pembentukan pigmen kulit
            Warna kulit antara lain ditentukan oleh banyaknya pigmen melanin di dalam kulit. Melanin dibentuk oleh sel-sel bening di dalam lapisan tunas, lalu butir-butirnya dibawa ke lapisan-lapisan kulit ari yang lebih dangkal dan juga kedalam kulit jangat. Butir-butir melanin di dalam kulit jangat terdapat didalam protoplasma sel-sel yang disebut melanofor.
            Melanin dibuat dari tirosin, suatu asam amino. Dengan oksidasi tirosin diubah menjadi butir- butir melanin yang berwarna coklat. Untuk proses ini perlu adanya enzim terosin dan oksigen. Oksidasi tirosin menjadi melanin bejalan lebih lancer pada suhu yang lebih tinggi atau di bawah pengaruh sinar ultraviolet.

Klik
Bagian Bagian Kulit dan Manfaatnya | puramuzo | 5

0 komentar: