Pengertian dan Pemahaman Alergi

PILIHAN

 Alergi adalah perubahan daya reaksi tubuh terhadap sesuatu zat pada kontak kemudian dengan zat tersebut. Zat demikian disebut antigen atau alergen. Pada dasarnya alergi adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh suatu reaksi kekebalan (imunologik) yang khas antara alergen dan zat anti yang dibentuk oleh
tubuh terhadap alergen tadi. Reaksi demikian baru tercetus jika zat anti di dalam tubuh mencapai kadar tertentu.
Secara garis besar reaksi alergi dapat dibedakan menjadi dua golongan: 

1.      Reaksi tipe cepat (immediate reaction): berlangsung melalui darah
2.      Reaksi tipe lambat (delayed reaction): berlangsung melalui sel.

Berbagai bahan kosmetik, antara lain yang sangat terkenal adalah cat rambut parafenilendilamin, dapat menimbulkan reaksi alergi. Karena sebelumnya tidak ketahui apakah kadar zat anti sudah cukup tinggi atau belum untuk mencetuskan reaksi alergi, maka reaksi demikian dapat saja terjadi tiba-tiba, walaupun kontak sebelumnya tidak berakibat buruk. Maka untuk menghindari reaksi alergi, perlu diketahui apakah langganan sudah peka terhadap bahan tertentu atau belum. Ini menjadi jelas dengan melakukan suatu percobaan temple (patch test) S E T I A P  K A L I sebelum digunakan bahan bersangkutan. 
Cara melakukan percobaan tempel: salah satu sisi kulit punggung atau kulit salah satu lengan bawah di bawah lekuk siku atau pula kulit di belakang telinga diolesi larutan bahan yang akan diperiksa (misalnya cat rambut), lalu di tutup dengan plester kedap air, di sisi yang lain diolesi bahan pelarut saja dan juga di tutup dengan plester untuk memperbandingkan hasil reaksi. Hasilnya ditentukan setelah dua kali duapuluhempat jam. Jika tidak terjadi reaksi pada kulit, maka dikatakan hasilnya negative (belum terjadi alergi pada orang yang diperiksa). Jika pada kulit yang dibubuhi larutan bahan terjadi perubahan berupa kemerahan, pembengkakan, gelembung-gelembung atau gatal-gatal, maka reaksi positif dan ini berarti bahwa orang yang diperiksa sudah alergi terhadap bahan yang digunakan pada percobaan tempel.
Jika terjadi reaksi alergi sebaiknya segera minta pertolongan dokter untuk mengatasinya.
Klik
Pengertian dan Pemahaman Alergi | puramuzo | 5

0 komentar: