Kebutuhan Kalori Pada Tubuh Manusia

PILIHAN
       Kebutuhan kalori Manusia tergantung pada beberapa faktor, diantaranya berat badan, kegiatan dan lamanya melakukan kegiatan, suhu lingkungan. Secara umum dapat dikatakan, bahwa wanita yang bekerja riangan membutuhkan duaribu kalori sehari, sedangkan laki-laki yang bekerja riangan memerlukan duaribulimaratus kalori sehari.. Kebutuhan duaribu kalori sehari untuk seorang wanita yang berat badannya limapuluh kg misalnya terpenuhkan dengan susunan makanan sebagai berikut:


 

Protein
(g)
Hidrat arang (g)
Lemak
(g)
Kalori
Susu sapi 1 gelas
7
11
5
117
Daging 100gram
20
-
10
170
Telur ayam 2 butir
10
-
5
85
Tahu 1 besar atau tempe 2 potong kecil

6

6

2

66
Roti 4 potong
4
36
-
160
Nasi 3 gelas
16
144
-
640
Biskwit 8 buah
4
36
-
160
Gula 10 sendok makan
-
80
-
320
Margarine 1 sendok makan
-
-
10
90
Minyak kelapa 1 sendok makan
-
-
10
90
Sayuran hijau kira-kira 2 gelas
6
12
-
72
Buah-buahan (pisang ambon 2 kecil, atau sawo 2 sedang)

-

18

-

72

73
343
42
2042


Kebutuhan kalori harus diperoleh dari makanan sehari-hari, maka dalam menyususun menu sehari-hari harus terpenuhkan kebutuhan akan zat-zat makanan dan kalori. Penyusunan makanan yang seimbang berdasarkan pedoman “Empat sehat – lima sempurna”
Empat sehat:     -    nasi     :     sebagai makanan pokok untuk sumber energi, member rasa kenyang
-    sayur    :     sumber vitamin dan mineral; memudahkan menelan
-    lauk-pauk     :     sumber protein hewani/ nabati, memebri rasa gurih.
-    Buah-buah    :     sumber vitamin dan mineral; sebagai pencuci mulut
Lima sempurna: empat sehat + susu (telur). Demikianlah kebutuhan kalori pada manusia setiap hari.
Klik
Kebutuhan Kalori Pada Tubuh Manusia | puramuzo | 5

6 komentar:

Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!) mengatakan...

thanks udah sharing dah :D

nano nano mengatakan...

lagi bokek gan,, gak punya cukup uang untuk beli yang begonoan wkwkwk

gurukelas mengatakan...

Kalau kalori gak terpenuhi pasti bikin badan loyo dan gak bertenaga, bener Gan!

rizki_ris mengatakan...

Kunjungan malam sobat
ternyata kalori gula besar juga

dimaz mengatakan...

Terima kasih, tulisan anda sangat menarik untuk dibaca.
saya juga memiliki referensi mengenai kalori
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1146/1/50407236.pdf

Medical Treatment Therapy mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat, terutama bagi yang menjalankan program diet