Inovasi Honda dalam mengembangkan mesin mesin dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi dan ramah lingkungan telah diwujudkan dengan teknologi mesin diesel yang bernama i-DTEC. Teknologi mesin ini pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2007 di acara 40th Tokyo Motor Show di Tokyo, Jepang dan juga Frankfurt Motor Show di
Jerman.
Mesin i-DTEC telah memenuhi standar emisi EURO 5 dan juga mempunyai keunggulan karena memiliki catalytic converter yang masih belum dimiliki oleh varian mesin lainnya. Catalyc converter ini kemudian membantu mereduksi Nitrogen oksida (NOx) pada sistem saluran pembuangan (exhaust) pada temperature 200 hingga 300 derajat Celcius, yaitu suhu rata-rata pembakaran sebuah mesin diesel pada umumnya.
Mesin i-DTEC
Brand premium ACURA juga mulai mengadopsi teknologi mesin diesel Honda ini pada tahun 2009 dimana ACURA TSX i-DTEC untuk pertama kalinya diperkenalkan pada ajang North American International Motor Show 2009. Pada tahun 2010, setelah Accord Euro & Accord Tourer, Sports Utility Vehicle (SUV) Honda CR-V mengikuti jejak dua model Honda Accord di atas dengan menggunakan mesin i-DTEC berkapasitas 2,2 liter. Honda CR-V i-DTEC baru dipasarkan di Eropa dan Afrika saja. $0D
Setelah diperkenalkan pada ajang tersebut, mesin i-DTEC pertama kali digunakan pada Honda Accord Euro dan Honda Accord Tourer keluaran tahun 2008 yang mengusung mesin diesel 2200 cc (2,2 liter). Honda Accord Euro dan Accord Tourer dipasarkan di kawasan Eropa, Afrika, dan Jepang.
New Honda Accord Euro 2,2 l i-DTEC
Di tahun 2011, model facelift dari Honda Accord Euro dan Accord Tourer kembali menggunakan mesin i-DTEC Honda dan diperkenalkan pada ajang 81st Geneva International Motor Show di Geneva, Swiss. Pada tahun 2012 mendatang, salah satu model Honda Civic akan menggunakan mesin i-DTEC .
Sumber: http://www.greencarcongress.com/2007/09/honda-displays-.html
0 komentar:
Posting Komentar