Tips Perawatan Motor matic

PILIHAN
Apakah anda pengguna motor matik.. apakah motor matic boros, apakah motor matik anda terasa berat saat diajak bermanuver, jangan jangan motor matic anda kurang perawatannya, sehingga menurunkan permorma mesin matik anda, berikut ada beberapa tips perawatan motor matic d`ri penulis untuk anda pemakai motor matic.

Pelumasan
Ketahuilah bagian bagian mana saja yang membutuhkan pelumasan, agar tidak terjadi korosi. Lumuri bagian-bagian yang memerlukan pelumasan
seperti pangkal tuas rem, standard, footstep, dan lain sebagainya. Gunakanlah pelumasan yang mengandung silicon (WD 40, AP 75) agar lokasi yang anda lumasi mudah dibersihkan.

CVT
CVT (Continuously variable transmission) atau dalam bahasa Indonesianya Sistem Penggerak Roda,  merupakan bagian yang paling penting yang perlu mendapatkan perhatian. Cek drive belt apakah sudah kendor atau tidak, masih baik atau sudah mengalami retak retak. Kalau sudah mulai nampak terlihat retak retak. Sebaiknya diganti saja. Rata rata belt drive tersebut bisa mengalami keretakan pada kilometer 15.000- 20.000. Tergantung dari penakaian pengguna motor matiknya. Selanjutnya cek roller bila kondisi roller sudah tidak bulat atau sudah aus, sebaiknya diganti saja. Kemudian kopling dan pegang kopling, cek kondisinya apakah bantalan kampas kopling masih bagus atau tidak, tebal atau tipis. Jika sudah tipis sebaiknya di ganti. Karena kampas kopling kalau sudah tipis, motor jadi sering slip. Akibatnya kerja CVT akan lebih keras, dan itu membuat CVT lebih cepat panas.

Karburator
Untuk karburator bisa disemprot dengan menggunakan karburator cleaner. Atau jika sudah mesin seperti sangat berat untuk diajak jalan jalan, sebaiknya di servis saja ke bengkel terdekat.

Saringan Udara
Jika saringan udara sudah kotor, sebaiknya di bersihkan karena jika saringan udara kotor, kaburator tentunya akan vepat kotor dan dari kaburator di kirim keruang bakar, tentunya ruang bakar juga akan merasakan akibat saringan udara kotor.

Oli.
Jika saat penggantian oli telah mendekati waktunya, sebaiknya segeralah lakukan penggantian oli pada motor matic anda. Gunakanlah oli yang sesuai denga mesin matic anda dan sesuai dengan spesifikasi mesinnya.

Klep.
Cek kondisi kerenggangan klep. Jangan terlalu rapat tapi jangan terlalu renggang pula. Secukupnya sesuai dengan spesifikasi masing masing motor matic.

Rem.
Rem haruslah berfungsi secara normal, jika tidak Tamatlah hidup anda. Rem depan dan rem belakan harus sama sama dalam keadaan siap pakai dan selalu prima. Karena motor matik memliki daya engine break yang kecil jadi kondisi rem motor matik anda harus selalu dalam keadaaan prima.

Aksesoris
Aksesoris juga menjadi faktor penting untuk keselamatan anda. Jangan menganggap remeh aksesoris keselamatan seperti spion, lampu Instrumen (lampu utama, lampu sein, lampu rem)  pastikan berfungsi dengan baik. Saat bekendara baik jauh ataupun dekat.
Klik
Tips Perawatan Motor matic | puramuzo | 5

4 komentar:

rizki_ris mengatakan...

Kunjungan tengah malam sobattt
Motor maticku gak pernah aku urus soalnya aku takut naek motor :(

spirit lion mengatakan...

aku sudah follow back sob..
tx before ya...

blog mu keren dan banyak info yang menarik...
diannti postingan menariknya dan info terbarunya..
salam :)
photo profilenya juga maniez....
:)

artiirhamna mengatakan...

berkunjung minggu pagi...
selalu jaga kesehatan motor, hehe...
jadi kita pun enak mengendarainya :D

Anonim mengatakan...

kalomator matikku saat stster pertama sering nembak kayak ada ledakan di mensin... tapi cukup keras dan mengeluarkan api diknalpot..tu karna apa ya sob....