Kiat Kiat Menghadapi Uas

PILIHAN
Kampus-kampus kini sudah mulai menggelar ujian akhir semester (UAS). Jika giliran UAS di kampusmu belum tiba, yuk, siap-siap supaya kamu enggak stres menghadapi UAS.
Menghadapi UAS tidak perlu lebay. Tidak dapat dimungkiri, UAS memang sebuah pertaruhan lulus atau tidaknya kamu dalam mata kuliah tertentu. Apa saja yang perlu dipersiapkan, berikut tipsnya:
1. Hindari orang yang sedang stres
Percaya enggak percaya, stres itu menular, loh. Selama musim UAS, hindari belajar bareng dengan temanmu yang gampang stres. Apalagi jika dia gampang mengeluh tentang semua tugas yang harus dia selesaikan. Tekanan darinya hanya akan membuatmu makin stres.
2. Makan makanan sehat dan berolahraga
Bantulah tubuh dan otakmu dengan mengurangi makanan bergula. Pilihlah kudapan dengan bahan dasar oatmeal, serta perbanyak protein, buah, dan sayuran. Jika kamu belajar untuk waktu yang lama, pastikan kamu minum cukup air putih, kurangi mengonsumsi kopi dan minuman manis.
Jangan lupa, sempatkan untuk berolahraga meski hanya 10 menit berjalan kaki. Itu akan membuatmu lebih segar dan fokus.
3. Atur waktumu
Manajemen waktu dan penjadwalan penting untuk menghindari stres selama musim penuh tekanan ini. Tandai kalendermu untuk mengingatkan jadwal ujian dan rencana belajarmu.
Enggak usah khawatir jika waktu hang outmu berkurang. Ingat saja targetmu untuk lulus semua mata kuliah dengan nilai baik, itu akan memudahkanmu 'berkorban' selama UAS. Kamu masih bisa bergaul dengan teman-temanmu setelah UAS selesai, kan?
4. Ambil waktu istirahat
Dalam setiap satu jam belajarmu, ambil sekira 10 menit untuk beristirahat. Lakukan apa yang kamu ingin selama 10 menit itu. Kamu bisa mengecek Facebook, jalan kaki, menelepon teman, atau mengalihkan pandanganmu dari layar komputer atau buku ke area kosong. Setelah itu, mulailah belajar lagi.
Istirahat akan memberi otakmu jeda dari bekerja terus menerus dan membantumu tetap fokus ketika kamu serius belajar. 5. Membayangkan ujianmu lancar
Coba deh, bayangkan kamu lancar dan percaya diri mengerjakan soal-soal ujian, karena tahu semua jawabannya. Bayangkan kamu kesulitan menghadapi ujian, lalu fokus kepada betapa rileks perasaanmu. Kemudian, bayangkan nilai A untuk tiap mata kuliah yang kamu ikuti.
Ketika kamu membayangkan happy ending, itulah yang biasanya akan terjadi. Sebab, kamu membuat keputusan yang akan mengarahkanmu mewujudkan itu meski tanpa kamu sadari.
6. Datang lebih cepat ke lokasi ujian Gunakan waktu secukupnya untuk memarkir kendaraanmu, pergi ke kamar kecil, dan mencari tempat duduk yang nyaman selama ujian (atau menemukan tempat duduk sesuai dengan nomor ujianmu). Tapi, jangan datang terlalu cepat juga ya! Itu hanya akan membuatmu lebih cemas. 7. Rileks Santai saja kawan, Ingat saja, perasaan cemas menghadapi ujian adalah hal yang alami. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus mengerjakan soal-soal ujian. Pastikan kamu memiliki kepercayaan diri begitu memasuki ruang ujian. Cobalah meninggalkan semua ketakutan dan kekhawatiran di luar ruang ujian sehingga kamu bisa fokus. Nah, bagaimana kawan? sudah siap ujian kan?
Klik
Kiat Kiat Menghadapi Uas | puramuzo | 5

1 komentar:

Rumah Info mengatakan...

wah, aku baru saja nyelesain UAS nih. Setuju bget sama artikel di atas. kesehatan hrus dijaga biar fit saat ujian ^^