Kegiatan Belajar Mengajar dalam Kelas Bahasa Jepang

PILIHAN


        Setelah menyusun perangkat pembelajaran, dan terutama meyusun RPP dalam setiap Kompetensi Dasar (KD) penulis pada minggu pertama melakukan observasi bagaimana cara pembelajaran yang dilakukan oleh guru pamong, poin-poin penting apa saja yang harus diingat dan di lakukan saat KBM berlangsung, bagaimana cara menyikapi siswa, baik dalam menjawab pertanyaan siswa, maupun cara bersikap di kelas.
        Dalam melaksanakan kegiatan KKN yang dilaksanakan dari tanggal 16 Juli 2012 hingga 12 September 2012 ini, penulis mendapatkan kesempatan melaksanakan empat Kompetensi Dasar yaitu, salam sapaan dan cara memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain, menyebutkan identitas diri yang meliputi nama, Negara, pekerjaan baik diri sendiri maupun orang lain, kalimat perintah, dan memperkenalkan huruf Jepang yang meliputi sejarah kanji, hiragana, katakana, dan beberapa huruf hiragana.
        Kegiatan KKN yang penulis laksanakan di SMA Negeri 2 Batu ini bertepatan dengan tahun ajaran baru 2012/2013. Karena itulah KBM yang dilaksanakan di minggu pertama pelaksanaan KKN ini diawali dengan proses pengenalan diri sendiri dalam Bahasa Jepang yang diawali dengan perkenalan dari guru pamong. Hal ini dilaksanakan di setiap kelas sesuai dengan jadwal mata pelajaran bahasa Jepang.
        Setelah guru pamong dan penulis melakukan perkenalan di hadapan siswa-siswi masing-masing kelas, guru pamong dan penulis mengajarkan tata cara perkenalan dalam bahasa Jepang kepada siswa-siswi yang meliputi materi salam sapaan, dan kemudian dilanjutkan dengan praktek cara mengucapkan, menulis, yang dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing siswa secara berkelompok dan kemudian secara individu di depan kelas.
        Setelah materi memperkenalkan diri di setiap kelas selesai, materi selanjutnya adalah bagaimana tata cara memperkenalkan orang lain, dimana cara memperkenalkan tersebut meliputi informasi mengenai nama, asal negara, pekerjaan dan pola kalimat dalam materi yang berhubungan dengan cara memperkenalkan orang lain. Kemudian dilanjutkan dengan materi tata cara mewawancarai orang lain yang meliputi nama, asal, dan pekerjaa. Setelah itu siswa-siswi tersebut diberi kesempatan untuk mempraktekkan materi ini di secara individu di depan kelas.
        Materi ketiga yang guru pamong dan penulis berikan adalah kalimat perintah.  Dalam menyampaikan materi kalimat perintah ini, pertama-tama penulis mengucapkan beberapa kalimat perintah, kemudian meminta siswa untuk mengulangi apa saja yang dapat di tangkap oleh mereka, yang dilanjutkan pelafalan kembali dari penulis dan dituliskan di papan tulis yang kemudian direduplikasi oleh siswa di buku catatan masing-masing. Setelah siswa menyalin materi tersebut di buku catatan masing-masing, penulis memberikan pertanyaan yang mengenai materi tersebut. Kemudian di akhir pelajaran, penulis memberikan materi kalimat perintah dalam sebuah lagu yang terdapat dalam buku sakura. Dimana siswa menjadi sangat antusias menyanyikan lagu tersebut dengan gerakan yang sesuai dengan kalimat perintah yang sesuai dengan lagu.
        Materi keempat yang guru pamong dan penulis berikan adalah sejarah huruf jepang yang meliputi huruf kanji, hiragana, dan katakana. Penulis mendapat kesempatan untuk memberikan materi keempat ini selama dua kali tatap muka, dimana pertama kali tatap muka tersebut diisi dengan sejarah huruf kanji, hiragana dan katakana, pengenalan huruf-huruf tersebut, dan kemudian dilanjutkan dengan huruf hiragana a, i, u, e, o, ka, ki, ku, ke, dan huruf ko. Dan pertemuan kedua, diisi dengan pemantapan materi huruf a, i, u, e, o, ka, ki, ku, ke, dan huruf ko dan dilanjutkan dengan huruf sa,shi,su,se,so.
        Pada dasarnya, sebelum memasuki materi baru yang diajarkan, penulis beserta guru pamong melakukan review materi sebelumnya. Hal ini bertujuan agar siswa-siswi tetap mengingat materi yang telah diajarkan sebelumnya.
        Di minggu terakhir penulis melaksanakan kegiatan KKN ini, bertepatan dengan minggu Ulangan Harian I mata pelajaran Bahasa Jepang. Dimana minggu itu penulis membantu guru pamong mengawasi jalannya ulangan di kelas, kemudian dilanjutkan dengan meminta kesan, pesan selama penulis melaksanakan kegiatan KKN dari siswa-siswi.
Klik
Kegiatan Belajar Mengajar dalam Kelas Bahasa Jepang | puramuzo | 5

0 komentar: