Sinopsis Drama Jepang Smile

PILIHAN


Sinopsis Drama Smile
            “Smile” adalah sebuah drama Jepang (dorama) yang disiarkan tahun 2009. Menceritakan seorang pemuda bernama Hayakawa Vito (diperankan oleh Matsumoto Jun) dan kehidupannya yang selalu dilewatinya dengan senyuman.
            Vito dilahirkan oleh seorang Ibu asli Jepang dan berayahkan seorang Filipina. Meski berkebangsaan Jepang, namun perbedaan warna kulit membuatnya selalu dianggap orang asing dan menerima perlakuan yang berbeda dari orang-orang. Walau begitu Vito selalu berbuat baik pada sesame dan selalu bekerja keras demi mewujudkan mimpinya untuk memiliki restoran multinasional yang menyediakan makanan dari bermacam-macam Negara.
            Namun karena statusnya yang merupakan “Half” atau separuh asing ia kerap dijadikan korban dengan menjadi tersangka dari kasus kriminal. Di klub tempatnya bekerja paruh waktu, ia dituduh sebagai pengedar narkoba karena teman kerjanya dengan sengaja memasukkan bungkusan kecil narkoba ke dalam hanger di lokernya. Berkat bantuan teman-teman dan keluarga Machimura tempatnya bekerja, juga Mishima Hana (diperankan oleh Aragaki Yui) serta pengacara Itou Kazuma (diperankan oleh Nakai Kiichi), ia bebas dari tuduhan.
            Mishima Hana tidak sengaja ditolong oleh Vito saat ia dituduh mengutil disebuah toko buku. Karena shock yang dialaminya, Hana kehilangan suaranya dan tidak dapat berbicara sehingga tak dapat menjelaskan mengapa ia mengutil. Sejak saat itu ia mengikuti Vito dan selalu membantu Vito saat ia kesulitan.
            Belum lama sejak Vito dibebaskan dari tuduhan pengedar narkoba, kali ini kesialan menimpa bisnis keluarga Machimura, Machimura Food. Makanan yang diantar ke sekolah dasar langganannya diduga terkontaminasi sehingga menyebabkan murid-murid sakit perut dan dibawa ke rumah sakit. Hal ini menjadi kasus yang diperbincangkan dan menjadi sorotan media masa. Setelah diusut, polisi akhirnya memeriksa Machimura Food karena Sekihan buatannya mengandung bahan berbahaya. Kasus ini membuat Machimura Food kehilangan kepercayaan dari pelanggannya juga dana kredit dari bank. Kasus semakin menjadi saat mantan pegawai Machimura Food mengeluarkan pernyataan yang menjatuhkan nama baik perusahaan. Berkat kepercayaan tuan Machimura, Vito dan teman-temannya berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan nama baik Machimura Food. Sayangnya tuan Machiura memutuskan untuk gantung diri demi uang asuransi yang dapat membayar hutang kepada bank. Berkat kegigihan Vito, akhirnya seorang pegawai perusaahan supplier bahan masakan mereka luluh hatinya dan memberi info tempat disimpannya data bukti bahan makanan yang terkontaminasi.  Namun kasus ini membuat Vito kembali berurusan dengan Hayashi Seiji (diperankan oleh Shun Oguri), seseorang yang telah membuatnya mendapat hukuman dari kepolisian.
            Hayashi Seiji merupakan orang sering keluar masuk penjara, juga orang yang menghasut Minako (mantan pegawai Machimura Food) untuk menyebarkan kabar buruk tentang Machimura Food ke media massa demi mendapat uang untuk makan sehari-hari. Tidak berhenti sampai disitu, Seiji juga membuntuti Hana yang akan pergi berkencan dengan Vito dan hampir menculiknya. Untunglah Vito datang untuk menyelamatkan Hana dan segera kabur dari Seiji. Karena khawatir, Hana juga pengacara Kazuma menyarankan agar Vito tidak berhubungan lagi dengan Seiji.
            Suatu hari Seiji datang ke Machimura Food dan mengatakan akan memulai hidupnya dengan lebih jujur. Percaya dengan omongan tersebut, Vito memutuskan untuk berbicara berdua dengan Seiji. Seiji juga meminta tolong kepada Vito untuk melapor pada polisi karena dompetnya hilang. Saat Vito mengisi formulir kehilangan barang, Seiji tiba-tiba masuk dan memukuli polisi yang ada disitu dengan membabi buta lalu mengambil pistolnya. Vito yang kaget seakan tidak berdaya saat Seiji menyeretnya untuk membantunya membalas dendam pada Kai, ketua Genk musuh Seiji. Dimata Seiji, Kai lah yang membuatnya keluar-masuk penjara dan menyebabkan ayahnya kehilangan pekerjaannya sebagai pejabat kepolisian. Hana yang datang untuk menyelamatkan Vito-pun menjadi bulan-bulanan Seiji hingga jatuh pingsan. Tidak terima dengan perbuatan Seiji, Vito mengarahkan pistol yang diberikan Seiji dan menyatakan bahwa ia akan menembak Seiji. Oleh Seiji pistol tersebut diarahkan ke dadanya sendiri dan akhirnya Vito menembak Seiji hingga tewas.
            Akhirnya Vito dan Hana pergi ke sebuah tempat dimana Vito pernah bekerja. Disana ia menepati janjinya kepada Hana untuk mendatangi tempat yang dapat melihat gunung Fuji. Setelah itu, Vito menelpon pengacara Kazuma dan menyatakan akan menyerahkan diri. Sayangnya kepolisian bertindak lebih cepat hingga akhirnya Vito ditangkap paksa. Meski Vito menyatakan bahwa ia-lah yang membunuh Seiji, pangacara Kazuma tidak menyerah mencari data dan bukti yang dapat meringankan hukuman Vito. Sayangnya catatan kriminal Vito menunjukkan bahwa ia pernah menjadi terdakwa kasus pembunuhan yang sebenarnya dilakukan oleh Seiji. Tentu saja ini memberatkan hukuman Vito. Hana yang sebenarnya trauma terhadap kerumunan media massa pun memberanikan diri untuk member kesaksian. Sayangnya jaksa penuntut dengan sengaja menyebutkan nama Ayah kandung Hana, Kashiwabara Seiten yang telah menipu banyak orang hingga mengakibatkan korbannya banyak yang bunuh diri, dan menyebabkan pandangan para juri berubah. Hal ini mengakibatkan Vito mendapat vonis mati.
            5 Tahun berlalu. Vito masih menunggu surat hukuman matinya di penjara. Selama itu pula pengacara Kazuma sering mengunjungi Vito dan mengingat kembali kejadian-kejadian yang pernah terjadi. Pangacara Kazuma pun menceritakan bahwa sebenarnya ia juga merupakan keturunan Jepang-Korea. Namun karena tidak tahan dengan diskriminasi yang terjadi, ia mengubah namanya menjadi Itou Kazuma. Ia juga menolak memakan kimchi (sayur yang difermentasi khas Korea) dan membudayakan meminum sake (minuman keras khas Jepang). Setelah bertemu Vito dan melewati banyak kejadian, pengacara Kazuma mulai berpikir untuk kembali memakan kimchi.
            Tidak hanya pengacara Kazuma, Hana pun sering mengunjungi Vito di penjara, namun Vito selalu menolak menemuinya. Hingga akhirnya surat keputusan hukuman mati untuk Vito turun. Sipir penjara memaksa Vito untuk bertemu Hana, dan akhirnya mereka dapat mengungkapkan perasaan mereka. Suara Hana pun kembali. Tepat saat hukuman akan dijatuhkan, keajaiban pun terjadi. Pengacara Kazuma berhasil menemukan ayah Seiji yang menimpakan hukuman Seiji pada Vito dan bersedia hadir di pengadilan untuk menjadi saksi. Kesaksian yang diberikan Ayah Seiji mengubah takdir hidup Vito. Ia terbukti tidak bersalah pada kasus pembunuhan yang dilakukan Seiji. Akhirnya Vito mendapat hukuman penjara dan melewati sisa 3 tahun di penjara.
            Setelah bebas, Vito mengelola restoran “Smile” yang menghidangkan makananan dari bermacam Negara bersama Hana. oleh: dewi Indrawati
Klik
Sinopsis Drama Jepang Smile | puramuzo | 5

0 komentar: