Kegiatan Lain-lain dalam KKN Saat tidak Mengajar

PILIHAN


        Penulis melaksanakan kegiatan KKN di SMA Negeri 2 Batu ini mengikuti jam sekolah dari jam pertama hingga jam terakhir kegiatan sekolah, dari hari Senin hingga hari Sabtu. Sehingga diluar jadwal mengajar di kelas yang telah ditentukan bersama guru pamong terserbut, mahasiswa praktikan juga melaksanakan piket sekolah bersama mahasiswa praktikan dari Universitas Negeri Malang. Dimana piket sekolah tersebut dilaksanakan di minggu awal pasca liburan awal puasa atau terhitung minggu kedua bagi penulis dalam melaksanakan kegiatan KKN di SMA Negeri 2 Batu.
        Piket sekolah tersebut meliputi piket Proses Belajar Mengajar (PBM) yaitu piket yang dilakukan untuk mengabsen guru-guru, menyampaikan tugas di kelas bila ada guru yang tidak masuk tersebut memberikan tugas untuk kelas yang ditinggalkan, menjaga kelas yang tidak ada guru, piket Tata Tertib (Tatib) yaitu piket yang dilakukan dengan membantu petugas tatib di sekolah seperti mencatat siswa-siswi yang datang terlambat, yang melakukan pelanggaran, mencatat siswa-siswi yang meninggalkan sekolah lebih awal, mengabsensi siswa serta menginput data yang berkaitan dengan administrasi bagian tata tertib. Selain piket PBM dan piket Tatib, ada pula piket UKS, piket BK, dan piket Perpus.
        Selain piket sekolah, penulis juga diminta bantuannya untuk memberikan bantuan memperlancar membaca bacaan dalam huruf Jepang bagi kelas XII (dua belas) Bahasa. SMA Negeri 2 Batu ini terdapat satu kelas bahasa yang berisi 17 siswa yang kemudian dibagi menjadi lima kelompok belajar. Sehingga satu mahasiswa praktikan membantu tiga hingga empat siswa. Jadwal sesi membaca ini dilakukan diluar pelajaran bahasa Jepang dimana dilaksankan sesuai dengan kelompok masing-masing yang dilaksanakan satu minggu tiga hingga empat kali.
        Selain kelas tiga bahasa, penulis juga berkesempatan untuk masuk di kelas sebelas bahasa. Di kelas sebelas bahasa ini, penulis juga menyusun jadwal untuk membacakan post-test huruf hiragana yang telah disampaikan oleh guru pamong.
Klik
Kegiatan Lain-lain dalam KKN Saat tidak Mengajar | puramuzo | 5

0 komentar: