Penelitian Perencanaan Tata Letak Fasilitas Produksi PT. METEOR UTAMA PERKASA SINGKAWANG

PILIHAN
Setiap perusahaan tentunya memiliki tujuan untuk berkembang dimasa depan. Oleh karena faktor tersebut maka banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan tata letak pabrik serta operasional pabrik. Salah satu aspek yang berperan penting adalah kegiatan proses produksi, dengan meningkatnya kelancaran proses produksi maka semakin cepat pula tercapainya tujuan perusahaan.

Dalam melaksanakan kegiatan produksi, fasilitas produksi yang ada dalam suatu pabrik atau perusahaan sangat dibutuhkan baik berupa mesin, peralatan, pekerja dan fasilitas-fasilitas lainnya. Oleh karena itu diperlukan adanya penempatan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas yang diperlukan agar dalam pelaksanaan kegiatan produksi dapat berjalan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan suatu kemacetan, penumpukan produk, aliran bolak-balik (back tracking), perpotongan lintasan dan kendala-kendala lainnya.

PT. METEOR UTAMA PERKASA SINGKAWANG yang berlokasi di jalan Lirang Dusun Gunung Besi Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang produksi air mineral dalam kemasan dengan merk “For3”.

Dalam aktifitas produksi pada PT. METEOR UTAMA PERKASA SINGKAWANG banyak kendala yang terjadi akibat kurang teraturnya layout yang digunakan dalam menjalankan kegiatan produksi, diantaranya adalah kurang efisiennya pergerahan dalam melakukan material handling. Selain itu juga masih belum teraturnya fasilitas yang ada mempengaruhi kecepatan dalam melakukan aktifitas pekerjaan.

Guna mensiasati kendala-kendala dalam proses produksi tersebut diantaranya dengan merencanakan tata letak pabrik yang memiliki tingkat kenyamanan serta efisiensi tinggi, terutama tingkat efisiensi jarak antar departemen. Selain itu juga masih banyak aspek-aspek lain yang perlu diperhitungkan guna mengurangi transportation waste yang ada.

Jarak dan biaya pemindahan bahan dalam perusahaan sangat diperlukan untuk perencanaan tata letak fasilitas produksi, maka dari itu dengan mengatur tata letak fasilitas yang baik diharapkan akan dapat menekan biaya pemindahan bahan dan jarak pemindahan bahan menjadi lebih pendek.
Klik
Penelitian Perencanaan Tata Letak Fasilitas Produksi PT. METEOR UTAMA PERKASA SINGKAWANG | puramuzo | 5

0 komentar: