Belajar dapat membawa suatu perubahan
pada individu yang belajar. Perubahan ini merupakan pengalaman tingkah laku
dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Pengalaman dalam belajar merupakan
pengalaman yang dituju pada hasil yang akan dicapai siswa dalam proses belajar
di sekolah. Menurut Poerwodarminto (1991: 768), prestasi belajar adalah hasil
yang dicapai (dilakukan, dekerjakan), dalam hal ini prestasi belajar merupakan
hasil pekerjaan, hasil penciptaan oleh seseorang yang diperoleh dengan
ketelitian kerja serta perjuangan yang membutuhkan pikiran.
Berdasarkan uraian diatas dapat
dikatakan bahwa prestasi belajar yang dicapai oleh siswa dengan melibatkan seluruh
potensi yang dimilikinya setelah siswa itu melakukan kegiatan belajar.
Pencapaian hasil belajar tersebut dapat diketahui dengan megadakan penilaian
tes hasil belajar. Penilaian diadakan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah
berhasil mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru. Di samping itu guru
dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar di
sekolah.
Sejalan dengan prestasi belajar, maka
dapt diartikan bahwa prestasi belajar Merawat Wajah Bermasalah adalah nilai yang
dipreoleh siswa setelah melibatkan secara langsung/aktif seluruh potensi yang
dimilikinya baik aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotor
(keterampilan) dalam proses belajar mengajar Merawat Wajah Bermasalah.
0 komentar:
Posting Komentar