Istilah Istilah Proses Morfologis Reduplkasi Jepang

PILIHAN
 Istilah Istilah Proses Morfologis Reduplkasi Jepang
 Istilah-istilah  dalam Proses Morfologis Reduplkasi Jepang. Sesuai pendapat Kindaiti, Haruhiko ( 1988 : 54 ), Nishio dalam Nihongo Kyoiku Handbook ( 1990 : 500 ) menyatakan bahwa tipe proses pembentukan reduplikasi ada 2 macam, yaitu:
1.        Kanzen Juufuku ( 重複 ) adalah pola berulang dimana bagian-bagian kata yang mengalami perulangan diulangan lengkap dan dapat juga disertai perubahan bunyi/variasi fonem (rendaku) istilah untuk menyebut perulangan ini adalah joogo. Misalnya: shirazu-shirazu ( 知らず知らず), yama-yama ( 山々 ), hito-bito ( 人々 ), haya-baya ( 早々 ), naki-naki ( 泣き泣き), mada-mada ( まだまだ ).
2.        Fukanzen Juufuku ( 不完全重複 ) adalah pola dapat yang disamakan dengan perulangan dimana bagian-bagian kata yang mengalami perulangan tidak sama atau tidak lengkap. Istilah untuk mnyebut perulangan ini adalah junjoogo. Misalnya : nandemo-kandemo ( 何でもかんでも ), otsu-katsu ( おつかつ ), katete-kuwaete( かてて加えて ), tonimo-kakunimo( とにもかくにも ).
Perubahan salah satu komponen bunyi (rendaku 連濁) diperkuat oleh pendapat A.E. Backhouse:
Japanese also derives new word by reduplication. Here the form of a word is  doubled, and rendaku commonly occurs”.
( Bahasa Jepang juga dapat membentuk kata baru dengan reduplikasi. Bentuk katanya adalah berulang dan seringkali disertai perubahan bunyi rendaku連濁).
            Pola pengulangan yang dijelaskan oleh Kindaiti senada juga juga dikemukakn oleh Alofonso dalam Japanese Language Pattern:
“the tendeny towards reduplication appears in many words in one form or another, sometimes in repetition on the whole word, sometimes in repetition of just one component sound”.
( Dasar akan kemunculuan reduplikasi pada banyak kata antara bentuk satu dengan yang lainnya adalah seringkali diulang penuh seluruh bagian kata dan juga seringkali hanya salah satu komponen suara ).
            Dari penjelasan berdasarkan pendapat Kindaiti dan Alfonso diatas, dapat disimpulkan bahwa cirri pembentukan kata reduplikasi umumnya adalah:
1.      Pengulangan lengkap dari kata dasarnya (kanzen juufuku 完全重複) terdiri dari dua bentuk, yaitu:
a.       Pengulangan lengkap tanpa rendaku( 非連濁重複 )
b.      Pengulangan lengkap dengan rendaku(  連濁重複 )

2.      Pengulangan tidak lengkap/sebagian (fukanzen juufuku 不完全重複)
 IIstilah Istilah Proses Morfologis Reduplkasi Jepang
Klik
Istilah Istilah Proses Morfologis Reduplkasi Jepang | puramuzo | 5

0 komentar: