Contoh Penulisan Metodelogi Penelitian

PILIHAN
Contoh Penulisan Metodelogi Penelitian

Contoh Penulisan Metodelogi Penelitian
METODELOGI PENELITIAN
            Metode diartikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Cara yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah cara yang sistematis dengan beberapa proses yang harus dilalui. Penelitian merupakan suatu sarana yang digunakan untuk memahami secara mendalam dan ilmiah mengenai suatu permasalahan dengan menggunakan suatu metode tertentu yang disesuaikan dengan permasalahan yang akan diteliti. Hal ini tidak lain adalah untuk memperoleh berbagai data dan informasi yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Jadi, Metode Penelitian merupakan suatu cara atau proses yang sistematis yang digunakan untuk suatu penyelidikan yang terorganisasi.
A.    Jenis Penelitian
             Dalam penelitian ini, karena penulis tidak menggunakan variable-variabel yang harus dibuktikan dengan pengujian hipotesis, tetapi dari sumber data tentang persamaan dan perbedaan penggunaan reduplikasi dalam bahasa Jepang dan bahasa Jawa, maka penelitian ini menggunakan metode komparatif atau metode bandingan, yaitu untuk mencari persamaan dan perbedaan dari kedua bahasa yang diperbandingkan.



B.       Sumber Data
Data yang dikumpulkan untuk di bandingkan dalam penelitian ini yaitu data dasar berupa kosakata yang diperoleh dari sumber data kepustakaan yang berkaitan dengan tutur baik dalam bahasa Jepang maupun dalam bahasa Jawa.
Sumber data kepustakaan bahasa Jepang di peroleh dari majalah:
a.       Nihongo Jurnal nomor 2-6 dan 10-12 tahun 1997
b.      Nipponia nomor 16-22 tahun 2001
c.       Area nomor 10 tahun 1999, nomor 15 tahun 2000 dan  nomor 16-17 tahun 2001
Dan sumber data kepustakaan bahasa Jawa diperoleh dari buku:
a.    Modul Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Malang tahun 2006
b.  Kajian Morfologi bahasa Jawa oleh F.M. Uhlenbeck tahun 1982.
            Buku-buku tersebut penulis pergunakan sebagai sumber data, karena buku-buku tersebut sudah memenuhi data yang penulis perlukan dalam penelitian ini.
            Data dasar dalam penelitian ini dituliskan apa adanya seperti yang terdapat dalam buku-buku yang dipakai sebagai referensi yang berkaitan dengan tingkat tutur dari kedua bahasa.           

      
C.   Teknik Pengumpulan Data
     Karena penelitian ini adalah penelitian kualitatif, maka metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Yang dimaksud metode dokumentasi adalah mencari mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebgainya. ( Suharsimi Arikunto, 1993:202).
     Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dilakukan adalah:
1.      Membaca sumber data untuk mencari kalimat yang mengandun kata-kata reduplikasi dalam bahasa Jepang dan bahasa Jawa.
2.      Mengumpulkan kata-kata reduplikasi dari sumber data
3.      Menggolongkan kata-kata reduplikasi berdasarkan jenis kata asal, proses morfologis, perubahan jenis kata dan mekna yang terkandung
4.      Membandingkan kata-kata reduplikasi dalam bahasa Jepang dengan bahasa Jawa.

D.      Teknik Analisis Data
Data yang telah terkumpul akan sangat berarti dalam suatu penelitian bila diolah dan dianalisis. Dengan memperhatikan rancangan penelitian dan jenis data yang tersedia dalam menganalisis digunakan deskriptif kualitas dimana data yang digambarkan dengan kata-kata/kalimat dipisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan (Arikunto, 1993:209). Langkah sistematis yang dilakukan dalam metode analisis data ini adalah:
1.            Menganalisis data yang telah diklasifikasikan dengan cara menganalisis proses pembentukannya, jenis kata dan makna yang dikandung sesuai dengan teori yang digunakan.
2.            Mendeskripsikan kata reduplikasi baik dari segi pembentukannya, jenis kata maupun makna yang terkandung.
3.            Menyimpulkan hasil analisis data.
4.            Melaporkan hasil analisis data


Hasil analisis data pada penelitian ini berupa uraian deskriptif dan disertai dengan tabel  untuk mempermudah melihat hasil analisis data.

Sekian Contoh Penulisan Metodelogi Penelitian
Klik
Contoh Penulisan Metodelogi Penelitian | puramuzo | 5

0 komentar: