7 Wisata Pantai Bagus Mengesankan di Jogja

PILIHAN
Puramoz Shared - 7 Wisata Pantai Bagus Mengesankan di Jogja, Jika kita membahas tempat wisata pantai di Yogyakarta, maka ingatan kita akan melayang ke Pantai Parangtritis. Pantai yang menjadi salah satu ikon tempat wisata di Yogyakarta itu memang sudah identik dengan kata Jogja. Para wisatawan biasanya berkunjung ke Pantai Parangtritis sebagai lanjutan dari kegiatan wisata ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton Jogja, Jalan Malioboro, dan sejumlah obyek wisata lain di Jogja.

7 Wisata pantai mengesankan di Jogja
7 Wisata Pantai Bagus Mengesankan di Jogja


Tapi kini Jogja punya tema wisata baru yang lebih menarik, yaitu Seven Beaches in One Zone. Sesuai artinya, provinsi DIY memiliki tujuh pantai indah yang terletak di satu zona pariwisata. Dan uniknya, Pantai Parangtritis tidak termasuk di dalamnya. Mengapa Parangtritis tidak terhitung? Mungkin alasannya adalah karena pantai tersebut sudah terlalu sering dikunjungi. Jadi kali ini Pemda setempat mempromosikan tempat wisata pantai yang lainnya kepada para traveller dan backpacker.

Apa saja 7 pantai indah yang menjadi ikon baru pariwisata di Jogjakarta? Mereka adalah pantai Baron, pantai Slili dan Ngandong, pantai Krakal, pantai Kukup, pantai Sundak, pantai Sepanjang, dan pantai Drini. Semua pantai tersebut terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Wonosari. Kalau mendengar daftar nama-nama pantai tersebut memang sudah tidak asing lagi. Bahkan saya sudah tahu pantai-pantai tersebut sejak masa sekolah. Tapi sebutan Seven Beaches in One Zones seolah menghasilkan new branding bagi pariwisata bahari di Jogja selatan.
Pantai Baron - Wisata Bahari Seven Beaches in One Zone Jogja

Pantai Baron – Wisata Bahari Seven Beaches in One Zone Jogja
Keistimewaan Tujuh Pantai Indah di Yogyakarta

Apa yang istimewa dari tujuh pantai indah di Yogyakarta tersebut? Yang pertama, tentu saja lebih bersih. Kalau soal kebersihan pantai, Pantai Parangtritis lewat deh. Para wisatawan sering mengeluhkan kebersihan Pantai Parangtritis karena banyak kotoran kuda dan sampah laut di bibir pantai. Selain itu, pasir Parangtritis juga hitam dan suasanannya terlalu crowded. Kita tidak bisa menemukan nuansa eksklusif bila berkunjung ke Parangtritis.

Beda halnya dengan pantai-pantai indah yang tergabung dalam Seven Beaches in One Zone. Tempat wisata yang menghadap Laut Selatan pulau Jawa tersebut relatif bersih karena masih belum banyak dikenal oleh wisatawan. Walaupun saat ini wisata bahari seven beaches menjadi primadona baru tempat wisata di Indonesia, pantai-pantai tersebut masih alami dan tidak seberisik Pantai Parangtritis.

Pantai Baron misalnya, setiap wisatawan bisa dengan tenang menikmati pantai dengan pasirnya yang bersih dan panorama laut yang indah. Ombak laut di Baron juga tidak seganas di Parangtritis karena terlindung teluk Baron. Memandang matahari tenggelam di pantai Baron menghasilkan gambar tempat wisata yang menakjubkan. Pesona pantai Baron tidak kalah menarik dibanding Pantai Kuta dan Pantai Sanur di Bali yang lebih dulu populer di mata wisatawan mancanegara.
Kemudahan Transportasi Antar Pantai di Jogja

Salah satu hambatan kegiatan travelling selama ini adalah jalur transportasi yang tidak mendukung. Ada kalanya sebuah tempat wisata yang menarik dan layak dikunjungi nasibnya sepi pengunjung karena akses transportasi yang tidak mudah. Kondisi tersebut tidak akan Anda temukan di Yogyakarta karena telah hadir bus TransJogja. Angkutan masal bertarif murah tersebut bisa membantu para backpacker menjelajahi setiap sudut menarik di kota Jogja dan sekitarnya.

Provinsi DIY memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang. Hal ini memudahkan bagi tujuh pantai di Jogja tersebut terhubung satu sama lain. Anda pun bisa berlibur dengan mudah berkat dukungan fasilitas tersebut karena kedekatan lokasi berada pada satu zona pantai Kabupaten Wonosari. Transportasi menuju pantai terbilang mudah, apalagi Pantai Baron bisa langsung terhubung ke jalan raya provinsi. Pantai-pantai lainnya memerlukan jasa ojek yang akan mengantar perjalanan pergi dan pulang para wisatawan.

Jadi, ketika Anda memutuskan berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke tujuh pantai indah yang sedang dipromosikan oleh Kab. Wonosari. Obyek wisata di Wonosari tersebut akan menjadi alternatif baru kunjungan wisata di Jogja selain jalur wisata yang telah ada saat ini. Kreatifitas mengolah potensi wisata tujuh pantai di Jogja ini patut kita apresiasi agar iklim pariwisata di Indonesia semakin maju.

Ayo jelajahi7 Wisata Pantai Bagus Mengesankan di Jogja
Klik
7 Wisata Pantai Bagus Mengesankan di Jogja | puramuzo | 5

0 komentar: