Probolinggo, The Power Of Java Bagian II

PILIHAN
l
PLTU yang ada di Probolinggo, timur pulau jawa.
The power of java| Kemegahan yang berdiri ditengah belantara.
The Power Of Java, Bagaimana tidak..??? coba anda bayangkan setelah menelusuri daerah yang masih sederhana dengan banyak orang orang ber-ontel ria rawa-riwi, kemudian berlanjut menelusuri jalanan beraspal bagus dengan pagar hijau rindang pepohonan tiba-tiba dibalik bukit nan hijau nan sepi terlihat ujung menara menjulang langit biru, semakin sama semakin dekat, bangunan-bangunan besar perkasa nan mewah megah berwarna dominan abu-abu biru *kayak SMP-SMA aja mulai terlihat jelas, sang menarapun terasa semakin jangkung, didampingi dengan tower-tower raksasa, daerah SUTET itu adalah tonggak kekuatan jawa.

 . PLTU Paiton sangat besar kontribusinya sebagai supplier untuk pulau Jawa, bayangkan saja, pulau Jawa dan Bali kebutuhan listriknya mencapai 19.000 MW dan 12.000 MW pemasuknya adalah Dari Paiton, dari ujung barat jakarta sampai ujung timur Bali, bisa dibilang ia termasuk Jaringan Backbone kalau disistel. Keberadaannya yang begitu megah sangat tak kontras rasanya jika melihat sekeliling yang hanya hijau adanya, tumpukan batu bara bagai dermaga kapal-kapal besar yang siap mengangkut muatan listrik. Subhanallah…. Tapi mana manusianya? Selintas mata memandang hanya ada segelintir orang yang habis dihitung dengan jari berseliweran disini, terasa sepi dan semakin terasa ke-raksasaannya.

. Kemegahan Paiton tak hanya menjadi tonggak kekuatan Jawa, namun juga sebagai daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat. Dengan berdiri memandang besi-besi rumit ribuan lampu dan larut dalam kebingungganya, masyarakat merasa sangat menikmati kekagumannya atas Paiton. Paitonpun dapat menghilangkan dahaga akan keingintahuan anak-anak kecil atas pengetahuan$2C dengan sedikit penjelasan dari tour guide mereka (baca: orang tua/wali) yang entah benar entah salah cukup untuk membuat mereka mengangguk dengan mata tetap tak berkedip.Melihat kerumitan yg Indah tersebut.
Klik
Probolinggo, The Power Of Java Bagian II | puramuzo | 5

2 komentar:

rizki_ris mengatakan...

Kunjungan pagi hari sobatt
wah paito ya
memang kalau dilihat dari kawasan pasir putih situbondo saat malam hari sangat indah dan mewah sekali sobat

puramuzo mengatakan...

Iya emang sob,, keren amat,., pernah kesini ya sob???